Skills yang bapak butuhkan untuk menjalin hubungan yang sehat dengan istri tercinta

Bacaan 2 menit

Sebagai pasangan, istri bapak pasti ingin merasakan kasih sayang, respect, kenyamanan dan rasa aman. Tapi terkadang bapak suka clueless, mengenai apa yang mesti bapak lakukan agar istri bapak bisa mendapatkan semua hal yang disebutkan tadi. Tapi bapak gak perlu khawatir, karena ternyata ada skills buat menjalin hubungan yang sehat.

Mungkin kita semua tahu bahwa kunci hubungan yang sehat adalah komunikasi. Banyak penelitian dan literatur mengenai topik ini. Kita juga bahkan bisa melihat atau merasakan hubungan yang sehat maupun yang tidak sehat. Tapi ternyata, ada skills lain yang dibutuhkan dan sudah diciptakan dan di-backing dengan menggunakan pengetahuan dan penelitian. Diantara 3 skills tersebut adalah,

Insights

Insights berbicara mengenai awareness, rasa saling pengertian dan pembelajaran. Dengan insights, bapak jadi lebih tau mengenai diri sendiri, apa yang bapak butuhkan, apa yang bapak mau, dan kenapa bapak melakukan sesuatu hal. Dengan insights, bapak juga bisa belajar dari kesalahan yang pernah bapak lakukan sebelumnya.

Mutuality (Mutualitas)

Mutuality atau Mutualitas menurut KBBI adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, untuk bahasan ini berarti antara bapak dan istri. Dengan adanya mutualitas, bapak jadi bisa tahu kalo bapak dan istri, kedua belah pihak memiliki kebutuhan, dan kebutuhan dari kedua belah pihak levelnya sama-sama penting. Contohnya, katakan istri bapak suka melakukan hobinya, yaitu berkebun, di akhir pekan pada pagi hari. Jadinya bapak support hobinya istri bapak, walaupun bapak pengennya istri bapak nemenin bapak goleran di kasur ketika akhir pekan. Ini yang dinamakan Mutualitas.

Emotion Regulation (Regulasi Emosi)

Ini salah satu skills yang bener-bener bapak dan istri perlu kuasai sih. Dari salah satu contoh yang diberikan oleh Joanne Davilla (seorang psikolog mengenai hubungan romantis), misalkan salah satu pihak ditanya, "kamu mau apa buat ultahmu nanti?". Terus sang pasangan jawabnya "nggak, aku gak mau apa-apa,kok". Akhirnya ketika ultah, beneran ga dibeliin apa-apa. Terus si pasangan yang lagi ultah ini malah marah dan ujungnya jadi bertengkar. Nah, ini yang mesti ditanamkan ya Pak, Bu. Kita ini gabisa baca pikiran, jadinya kalau ada sesuatu baiknya disampaikan aja. Cara nyampaikannya bisa seperti ini, "aku tau kita lagi nabung buat renovasi rumah, tapi aku pengen banget sepatu yang kita liat kemarin di Mall, harganya pun gak terlalu mahal". Dengan ini si pasangan beliin deh itu sepatu, yang lagi ulang tahun jadinya merasa disayang dan dihargai, dan kedua belah pihak jadinya happy.

Jadi ketiga skills inilah yang perlu bapak kuasain, agar dapat menjalin dan menjaga hubungan yang sehat, untuk selengkapnya bapak bisa nonton video ini:



Semoga bermanfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
219

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait