Strategi Buat Atur Gula Darah Bapak

Bacaan 3 menit

Kadar gula di darah tuh sebetulnya penting pak terutama buat energi kita beraktivitas. Cuman bakal jadi masalah kalau badan udah nggak bisa jaga gula di darah kita berada di rentang yang normal. Kondisi ini nih yang kita kenal sebagai diabetes. Yang bahaya tuh ntar efeknya buat badan dalam jangka panjang pak, bisa ngerusak banyak organ sama fungsi tubuh, jadi deh komplikasi diabetes. Contoh umumnya mungkin bapak sering denger luka diabetes yang nggak bisa sembuh, kan serem ya pak nggak bisa sembuh terus ntar lama kelamaan bisa membusuk gitu lukanya....

Nah biar itu nggak terjadi, ini ada strategi biar bapak lebih bisa ngatur gula darah tanpa perlu pakai obat-obatan dan supplemen apapun. Langsung aja kita simak

Lebih Cermat Ketika Mengonsumsi Karbohidrat

Karbo kan kalau dicerna nanti hasil akhirnya jadi gula dalam darah untuk disebar jadi energi. Karbo juga beragam ada yang cepet banget diubah jadi gula darah dan cenderung bikin nggak kenyang jadi makannya nambah terus, ada juga yang agak lambat dicerna sehingga bikin kenyang lebih lama dan cenderung nggak nagih. Konsep mudahnya semakin tinggi kandungan serat di dalam karbo, semakin lambat ia dicerna dan tidak membuat lonjakan gula darah. Dengan memahami ini bapak jadi paham juga kalau nasi itu cenderung cepat meningkatkan kadar gula darah karena rendah serat sedangkan ubi nggak terlalu mmebuat lonjaka gula darah karena kandungan seratnya lebih tinggi

Nah tapi kan kagak semua orang bisa bener bener ninggalin nikmatnya nasi anget dikasih sambel. Tenang aja, bapak masih bisa makan nasi tanpa khawatir gula darah melonjak dengan cara

Makan Dengan Gizi Seimbang

Jadi ketika bapak makan nasi, diimbangi juga sama sayur dan lauk pauk. Karena kalau kita makan karbohidrat dibarengi dengan gizi lainnya kayak protein (lauk), serat (sayur dan buah), dan juga lemak, lonjakan gula darah lebih bisa dikontrol karena ada berbagai macam zat gizi yang membuat makanan lebih lambat dicerna.  Mirip mirip sama 4 sehat 5 sempurna, cuman masalahnya 4 sehat 5 sempurna ini nggak ada pengaturan porsinya, bapak bisa makan nasi sebakul dengan lauk secuil, sayur secuil, buah segigit, susu seteguk tapi sudah "sukses" menjalankan pola makan yang dianjurkan

Rutin Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang "boros" pemakaian gulanya terlebih lagi latihan beban, bantu banget menstabilkan gula darah bapak. Rekomendasi olahraga secara umum untuk orang dewasa dalam sepekan adalah 

  1. 150 menit olahraga intensitas berat ditambah dua sesi latihan beban/ kekuatan
  2. 300 menit olahraga intensitas sedang ditambah dua sesi latihan beban/ kekuatan

Kita pakai contoh lari, intensitas bisa dibilang berat kalau ketika bapak lari udah nggak bisa berkata kata, sampai napasnya terengah engah gitu. Kalau intensitas sedang ketika lari bapak nyoba nyanyi udah mulai kagak berirama, diajak ngobrol juga mulai susah.

Jalan Kaki Setelah Makan

Ternyata sesederhana jalan kaki setelah makan bisa bantu badan kita lebih baik dalam mengatur kadar gula darah. Nggak perlu sampai keringetan, bapak cukup jalan 5-10 menit aja bisa bolak balik aja di area rumah. Informasi lebih lengkap bisa bapak baca di sini. Apalagi kalau bapak makan menjelang waktu sholat yak, habis makan langsung jalan ke masjid. Gula darah bisa diatur, keberkahan juga mengucur

Puasa

Puasa dilihat dari sudut pandang badan kita yaitu kita melarang badan kita makan pada jam tertentu, sebetulnya mirip skip makan aja pak, biarkan badan bapak berada pada kondisi "lapar". Yang dulu sempet viral tuh dietnya om Deddy Corbuzier yang ada waktu makan 8 jam dan 16 jam nggak boleh makan, misal dari jam 12.00-20.00 bapak boleh makan, di luar jam itu nggak boleh makan tapi masih boleh minum air mineral. Lebih ajib lagi kalau bapak rutinkan puasa sunnah juga apalagi Puasa Dawud. Yang penting pas buka puasa jangan sampai balas dendam 

Gimana pak? Mantap kan tips-tips ini nggak ada yang pakai obat obatan atau supplemen apapun dan insyaa Allah manjur. Selamat mencoba pak!

Ditulis oleh:
Muhammad Samudra Anugrah
Bacaan 3 menit
Dilihat :
507

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait