Suara-Suara di Mobil yang Bapak Harus Waspadai

Bacaan 2 menit

Mobil memang pasti sering bapak gunakan entah itu untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan kerja. Selama pemakaian, pasti bapak pernah mengalami banyak masalah mengenai mobil yang bapak gunakan. Kadang ya, kalo kaga terawat, kendaraan jadi bisa cepet rusak, pak. Pas lagi berkendara juga kadang kalo denger suara-suara asing yang berasal dari mobil, bikin kita jadi khawatir. Berikut suara-suara di mobil yang bapak harus waspadai,

Suara Ngelitik "Cikicik kicik takatak katak"

Kalo ngeluarin suara kayak gitu, namanya knocking, pak. Biasanya terjadi kalo bapak menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tidak sesuai dengan saran pabrikan. Bisa juga akibat adanya kerusakan sensor udara di mobil bapak atau penumpukan kotoran di ruang bakar. Ini bisa mengakibatkan tenaga mobil turun dan mesin cenderung mudah panas. 

Bunyi "kletek-kletek" di bagian kaki-kaki

Biasanya timbul kalau bapak lagi ngelewatin jalanan yang jelek atau ngehajar polisi tidur. Bunyi ini disebabkan karena karet-karet bushing di kaki-kaki mobil bapak udah tipis alias udah minta diganti. Terutama bagian lower arm. Selain itu ball joint pada tiap komponen kaki-kaki yang udah aus juga bisa bikin bunyi aneh waktu mobil dipake di jalan.

Suara berdecit pada mesin mobil "CIIIIITTT"

Suara ini berasal dari fan belt mobil bapak yang udah jelek. Fan belt yang umurnya udah tua biasanya bakal keras dan getas, bahkan sampai timbul retakan-retakan kecil. Decitan disebabkan dari belt yang tergelincir diatas puli mesin bapak. Saran saya sih sebaiknya segera diganti sebelum putus di jalan, pak.

Suara "srrrk srrrk srrkkk" bunyi logam saling bergesekan

Kalo suara yang satu ini ditimbulkan dari kampas rem mobil bapak yang udah abis. Kalau udah sampe bunyi seperti ini, berarti kampas rem bapak harus segera diganti. Kalau bapak tunda-tunda, piringan cakram mobil bapak bakal terkikis. Akibatnya piringan harus dibubut ulang atau bahkan bapak mesti ganti yang baru. 

Suara "pssssshhhh" bunyi mendesis pada mesin mobil

Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran. Bisa terjadi pada sistem pendingin atau saluran vakum yang ada di mobil bapak. Resikonya mungkin mobil bapak jadi mengalami overheat atau terjadi masalah pembakaran yang berakibat pada naiknya konsumsi bahan bakar dan turunnya tenaga mobil bapak.

Suara "ngiiiik hyaaaa huaaa huoooo ngiing" mirip bunyi kursi besi kalau digeser / mirip pintu yang dibawahnya ada kerikil

Oalah itu suara temen bapak yang lagi nyanyi.

Kalo bapak ngalamin suara-suara yang disebutkan di atas, lebih baik dibawa ke bengkel aja, pak. Biar dicek bener-bener sama montirnya. Kalo temen bapak yang tadi nyanyi, turunin di jalan aja, pak.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
152

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait