Tips Usaha Jastip Biar Bapak makin Cuan

05 Sep 2022

Usaha jastip atau jasa titip nih mulai naik daun sejak pandemi kemarin ya, pak. Karena kagak bisa pergi jauh-jauh, jadi pada banyak yang nitip beli barang atau makanan khas. Ternyata cuannya lumayan juga ya. Apalagi kalo jastipnya sampe ke luar negeri, lumayan banget untungnya. Kali aja nih bapak pengen juga usaha jastip, nih ada beberapa tips buat bapak biar usaha jastipnya bisa aman dan tetep cuan. 

  1. Cek Harga Asli dulu Ke Toko
    Ini kadang yang bikin lalai buat dilakuin pas bikin usaha jastip. Ngecek harga barangnya ke toko nih penting banget loh, pak. Seringnya yang pada buka jastip nih pake harga lama. Jadi pas mau beli ternyata harganya udah naik dan kaget deh mereka. Kan jadi rugi kalo kaya gini. Jadi pastiin udah cek harganya ke toko duluan ya.

    Cara gampang buat cek ya telpon ke tokonya. Atau kalo ada website, bapak bisa cek ke websitenya. Sekarang kan jaman udah canggih, pak. Jadi kalo udah tau harga, bapak bisa hitung berapa modal yang diperluin dan nentuin margin yang bisa diambil.

  2. Hitung Biaya Perjalanan dan Packing
    Bapak juga pastiin dulu berapa biaya jalan pulang pergi dan packingnya. Inget, jastip ini bapak beli barangnya agak banyak tapi ngirimnya satu-satu sesuai pesenan pelanggan. Jadi biaya packing kudu diperhitungkan juga biar kagak boncos. Kalo di usaha yang kayak gini nih namanya biaya operasional. Termasuk pengeluaran yang penting juga buat usaha.

    Misalnya nih, buat berangkat ke toko bapak naik mobil PP bensin 300 ribu. Terus bayar tol 100 ribu. Nah itu bisa dihitung biaya perjalanan. Ntar pas hitung biaya packing bapak juga kudu detail hitungnya. Kalo ngitungnya jelas, bapak jadi tau margin yang bisa diambil berapa.

  3. Siapin Perlengkapan yang Dibutuhin
    Biar jasa jastip bapak terlihat profesional, siapin juga perlengkapan yang dibutuhin. Ini perlengkapannya juga tergantung bapak jasa jastipnya apa. Soalnya kagak semua jastip kebutuhan perlengkapannya sama. Misalnya bapak bawa box termos buat jastip makanan beku atau minuman. Atau mungkin bapak bisa bawa koper biar barang yang bapak beli nggak rusak di perjalanan. Jadi kualitas barang jastip bapak bisa tetap terjaga dengan baik. Kan kagak lucu kalo jastip makanan terus makanannya basi pas dikirim ke pelanggan atau jastip sepatu tapi sepatunya penyok pas dikirim. Kredibilitas jasa jastip bapak bisa jelek ntar di mata pelanggan.
  4. Pilih Produk yang Khas dan Banyak Dicari
    Usaha jastip emang kagak semuanya sukses. Tergantung barang yang dijastipin juga. Kalo barangnya gampang dibeli di mana-mana ya pastinya kagak laku dipake usaha jastip. Jadi bapak kudu pinter pilih barang jastip yang khas dan kagak banyak dijual di mana-mana. Contohnya nih oleh-oleh khas yang cuma dijual di kota tersebut. Contoh lainnya, jenis snacks yang varian rasanya gaada di Kota atau Negara bapak berdomisili. 

  5. Transparan Sama Pelanggan
    Ini kunci penting di setiap usaha. Transparan sama pelanggan bisa nambah kepercayaan pelanggan sama usaha jastip bapak. Ini juga kunci biar pelanggan tetap mau jastip sama bapak soalnya mereka yakin uangnya kagak bakal dibawa kabur. Bapak kudu nerapin transparasi ini juga ke pelanggan. Misalnya buat urusan harga produk jastip dan jasa jastip biar pelanggan bisa lebih tau harga yang kudu mereka bayar. Jadi bapak bisa bikin totalan harga yang detail. Kayak Harga barang Rp200 ribu, jasa jastip Rp 10.000. Nah yang kayak gini kan jelas. Jadi pelanggan seneng jastip di bapak.

Usaha apapun pasti ada susahnya. Jadi kalo bapak emang niat usaha jastip yang aman dan cuan, bapak juga kudu nerapin disiplin usaha biar usaha jastip bapak bisa jalan dengan lancar yak. Aminnnn~ 

Ditulis oleh:
Girly
05 Sep 2022
Dilihat :
24

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait