Tau Gak Pak? Ternyata Uang Bisa "Beli" Kebahagiaan

Bacaan 2 menit

Kalo ngomongin uang pasti langsung terasosiasikan sama kebahagiaan. Seringkali kita denger ungkapan "money can't buy happiness" tapi ternyata setelah ditelaah lagi, uang itu bisa beli kebahagiaan, pak. 

Hah gimana bisa, pak?

Waktu saya nonton "Money can buy happiness : Michael Norton at TEDxCambridge 2011", setelah selesai nonton saya gak ada penyangkalan sama sekali. Apa yang pak Mike bilang semuanya bener. Intinya kalo sampe duit yang kita punya kagak bikin kita bahagia, berarti cara spending-nya salah.

Jadi si Pak Mike ini bikin eksperimen sederhana perihal kebahagiaan ini, dia cari relawan yang ada di kampus. Terus orang-orang yang bersedia, bakal dikasih amplop. Di dalem amplopnya adala catatan yang isinya "tolong abisin uang ini di jam 5 sore", terus ada 2 saran cara buat ngabisin duitnya. Ada yang buat diri sendiri, kayak bayar cicilan, jajan, dan lainnya (personal). Ada juga yang dapet sarannya, uangnya buat nyenengin orang lain, kaya dibeliin hadiah, atau didonasiin (pro-social). Di dalem amplopnya ada uang, isinya random, ada yang dapet $5, ada yang dapet $20.

Di malem harinya, teamnya Pak Mike nelpon-nelponin relawan tadi, terus nanya "gimana tadi? diabisin buat apa uangnya? dekarang bahagia gak?". Yang team personal, ada yang jajan kopi, anting sama makeup. Yang team pro-social ada yang beliin keponakannya boneka, ada yang kasih duitnya ke gelandangan, ada yang beli kopi juga tapi kopinya dikasih orang lain.

Akhirnya dari eksperimen yang dilakukan Pak Mike dapet kesimpulan,

  1. Orang-orang yang pro-social jauh lebih bahagia.
  2. Orang-orang personal harinya ya biasa aja, kayak kaga ada apa-apa.
  3. Yang Pro-Social kagak terlalu pengaruh sama nominalnya berapa (karena ada yang dapet $5, ada yang dapet $20), mereka sama bahagianya.
  4. Ada benernya kita bisa dapetin kebahagiaan pakai uang. Kalau kita spendingnya buat orang lain. Contohnya kayak donasi, sedekah, ngasih kado, nyenengin orang deh pokoknya.

Nah, biar lebih dapet gambarannya, ini TKP nya pak

Jadinya saya setuju sama Pak Mike kalo uang itu bisa beli kebahagiaan. Selama spendingnya bener. Ketika berbagi dengan ikhlas, berapapun yg dibagi, bisa bikin hati kita terasa hangat.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait