Kelakuan Yang Mesti Dikurang2in

10 Oct 2022

Orang tuh pasti ada aja yang enggak suka. Tapi emang kita enggak bisa ngatur mulut orang. Yang bisa kita atur cuma diri kita sendiri. Termasuk menghilangkan tingkah-tingkah tertentu yang mungkin enggak disukain orang kayak gini:


Minta Oleh-oleh. Jangan dibiasakan nitip oleh-oleh. Oleh-oleh kan tanda mata dari mereka yang habis pergi. Jangan dikit-dikit minta dititipin. Ada yang dari luar negeri diminta oleh-oleh, yang luar kota juga gitu. Nanti orang ke Dufan juga dititipin oleh-oleh juga. Orang kan kalau jalan-jalan nggak selalu punya duit lebih. Lagian kalau lebih juga bukan buat beli oleh-oleh bapak. Kayak kalo ada yang umroh jangan nitip oleh-oleh tapi nitip doa.


Minta Diskon Sama Temen yang Jualan. Nah, ini kerap kali terjadi di sirkel pertemanan segala umur dan tidak mengenal jenis kelamin. Kalau orang jualan kan niatnya pasti nyari uang, jadi jangan suka minta diskon. Kalau minta diskon ya berkurang pemasukannya. Kalo mau nyari diskon, bapak bisa pesen lewat platform online aja jadi diskonnya nggak ngerugiin temen bapak.


Minta Traktir. Kalo ini sebaiknya dihilangkan. Karena biasanya kebiasaan minta traktir itu pasti awalnya nggak ditawarin. Dari jaman sekolah aja udah ada oknum yang minta traktir karena pajak jadian. Nggak heran kalo dewasanya minta traktir temen yang ultah padahal nggak ngasih kado. Sebaiknya kalo orang nraktir itu karena inisiatif dia sendiri aja, kalo nggak ikhlas kan bisa berabe.


Minta Maaf tapi Nggak Tulus. Kalo udah keluar kata maaf, pastiin isinya bener-bener tulus dan nyesel. Jangan karena biar cepet kelar langsung minta maaf, yang ada masalah nggak bakal selesai sampe situ aja. Harus sadar juga kesalahannya kayak apa. Kalau cuma kata maaf doang mah, pake tulisan di bungkus permen juga bisa. 


Banyak lagi hal yang bisa diperbaikin pak, namanya juga manusia. Makanya makin tua makin harus sering introspeksi, takutnya pernah nyakitin orang tapi nggak sadar. Yang paling penting kan menyadari kesalahan, terus berusaha perbaikin pak.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
10 Oct 2022
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait