Tips Atur Duit Khusus Hobi Biar Rumah Tangga Bapak Tetep Kondusif

Bacaan 2 menit

Kita semua pasti punya hobi yang demen banget kita jalaninnya. Karena emang dengan menjalani hobi, hidup kita bakal jadi lebih fullfiling. Banyak banget manfaatnya kek ngejaga keseimbangan kehidupan personal dan kerja bapak, bisa ketemu orang baru, ngembangin skills baru dan memberikan sense of purpose dalam hidup bapak. Tapi yang seringkali kelewat adalah gimana cara bapak spending di hobi bapak, kadang suka khilaf. Maka dari itu, saya mau kasih tips mengatur uang buat hobi biar rumah tangga bapak tetep kondusif.

Duluin kebutuhan wajib anak istri

Nyang ini mutlak dan gak bisa diganggu gugat ya pak. Asalkan tiap bulan kebutuhan sandang, pangan, papan anak istri aman, berarti yang lainnya bisa diatur. Yang sering banget diajarin ke kita dari kecil, kewajiban dulu baru hak. Buat tambahan, kalo bisa bapak komunikasikan ke istri bapak ya kalo mau belanja buat hobi, biar tidak ada kesalahpahaman antara bapak dan istri. Karena dalam case ini, beda keluarga, beda kebijakan.

Uang sisa

Setelah dikurangin kewajiban nafkah anak istri, baru deh boleh dipake buat belanja hobi bapak. Eits, tapi jangan semuanya ya, pak. Anggarin aja 10% dari penghasilan bapak buat belanja khusus hobi. Kenapa? Biar sisanya masih bisa dipake buat bapak jajan pas wiken bareng keluarga, pak. Kalo wiken bapak berkunjung ke rumah mertua juga jadi bisa bawain buah tangan.

Kalo dapet penghasilan tambahan langsung masukin ke rekening hobi.

Bapak bisa buat kesepakatan sama istri bapak, kalo duit dari penghasilan sampingan jadi hak buat masing-masing. Jadi pas dapet penghasilan tambahan, sebagian langsung sat set transfer ke rekening terpisah khusus hobi.

Duit hobi kagak harus tiap bulan dipake.

Nah, ini mindset yang kudu diubah. Jangan seolah-olah duit hobi itu kudu banget dijajanin ampe habis tiap bulan, terus bulan depan diisi lagi. Kagak kayak gitu ya pak konsepnya. Pokoknya mah sisihin aja terus duitnya. Dipakenya pas bener-bener butuh aja. 

Ingat pak, pernikahan yang sehat butuh keseimbangan antara menghabiskan waktu bersama, ngejalanin hobi masing-masing, dan saling dukung hobi satu sama lain. Spending buat hobi tidak masalah, selama keuangan rumah tangga bapak tetap sehat dan bapak kagak impulsif di hobi. Semoga artikel mengenai tips mengatur uang buat hobi ini bisa membantu ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait