Tips biar adik bisa menerima perceraian orang tua.

Kay
Bacaan 2 menit

Perceraian orang tua merupakan hal yang menyakitkan dan tentu saja dihindari oleh banyak orang ya dik. Tak jarang dengan terjadinya perceraian orang tua, banyak anak-anak yang mengalami depresi dan bahkan ada yang sampai bunuh diri. Yang perlu kita ketahui juga bukan hanya kita saja yang merasakan sakit hati dan terpuruk, tentunya orang tua kita juga merasakan hal yang sama. Untuk adik-adik yang lagi merasakan susahnya menerima keadaan orang tua yang bercerai, coba pelan-pelan adik lakukan ini…

1. Ikhlas menerima takdir yang sudah Allah tetapkan termasuk perceraian orang tua adik.

Adik harus ingat apa yang terjadi di dunia ini, semua sudah di atur oleh yang maha Kuasa. Salah satunya perceraian orang tua adik. Sekeras apapun adik menangis dan bersedih semua sudah digariskan oleh yang maha kuasa. Tugas adik sebagai manusia yaitu belajar untuk menerima apapun yang Allah sudah tetapkan terhadap hidup adik. Pelan-pelan saja dik, sambil terus memperbaiki ibadah dan berusaha berpikir positif bahwa segala sesuatu di dunia ini terjadi karena ada maksud dan alasan yang baik untuk hidup adik.

2. Fokus ke masa depan.

Dengan adanya perceraian orang tua, baiknya adik lebih memikirkan masa depan adik yang akan datang. Adik bisa memikirkan untuk semangat sekolah, kuliah, kerja dan mencoba untuk fokus dengan apa yang ingin adik lakukan di masa depan. Lakukan hal positif untuk kehidupan adik untuk sekarang dan masa depan daripada terus menerus memikirkan hal yang menyakitkan perasaan adik.

3. Tetap membangun komunikasi dengan kedua orang tua.

Nah ini hal yang penting juga ya dik. Meskipun adik sudah tidak tinggal serumah dengan orang tua yang lengkap, adik tetap harus berkomunikasi baik dengan kedua orang tua adik. Adik bisa mengkomunikasikan hal-hal yang baik contohnya tentang sekolah, pekerjaan atau hal lain yang sedang adik lakukan. Adik juga bisa meminta nasihat kepada ibu atau bapak adik ketika adik sedang menghadapi suatu masalah atau merasa bingung mengambil keputusan. 

4. Jangan malu dengan perceraian orang tua

Biasanya adik-adik yang broken home akan menutup diri karena merasa malu dengan orangtua nya yang berpisah. Stigma buruk tentang anak broken home masih menjadi penghalang bagi adik untuk bercerita ke orang lain. Dik, jangan malu karena adik memiliki orang tua yang bercerai, karena perceraian itu bukan salah adik dan sama sekali tidak mengurangi nilai positif yang ada di dalam diri adik. Terkadang, kita ga sadar dik ternyata kalau kita bercerita tentang hidup kita, bakalan ada teman yang ngerasa sama nasibnya dan ngerasa relate sama kehidupan yang adik alami.

5. Mencari support system.

Nah hal yang terakhir ini adik bisa lakukan jika adik memiliki teman yang bisa dipercaya. Syukur2 kalau temen adik yang biasa jadi tempat cerita adik bisa jadi pacar adik ciaelah……
Temukan teman atau pacar yang bisa jadi tempat curhat adik, support adik dan tidak menghakimi keadaan keluarga adik. Dan jangan lupa untuk saling menguatkan dan tetap support antar sesama anggota keluarga adik.

 

Perceraian orang tua yang kita alami memang tidak mudah, tapi adik harus percaya akan ada hal baik dari takdir yang adik alami saat ini. Temukan dan jalani hal-hal positif yang bisa adik kembangkan untuk masa depan. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk adik-adik yang sedang berusaha untuk pulih kembali...

Ditulis oleh:
Kay
Bacaan 2 menit
Dilihat :
642

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait