Tips Biar Adik Jago dalam Basa-basi

Bacaan 2 menit

Dalam seni berbicara, basa-basi pasti akan adik alami dan tak akan terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam ranah personal dan profesional, basa-basi ini bakal kepake banget dalam hidup adik. Tapi adik tau gak gimana caranya basa-basi? Nih, biar saya kasih unjuk tipsnya,

Ketika basa-basi berikan adik waktu untuk berhenti sejenak

Ketika suatu pembicaraan yang spontan terjadi, reflek kita biasanya bakal pengen cepet-cepet jawab apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Karena kadang kita berpikir kalo semakin cepet menjawab bakal semakin terlihat pintar atau mempunyai kompetensi. Tapi sebenernya yang bikin kita terlihat mempunyai kompetensi adalah seberapa tepat respons kita terhadap apa yang disampaikan lawan bicara. Nah, ketepatan ini sebenernya butuh waktu, dik. Kadang kalo lagi basa-basi suka kurang tepat, “kemana aja lu?” lah jelas-jelas tiap hari ketemu di kantor dik. Dengan berhenti sejenak adik bisa meminimalisir kesalahan kek gitu.

Adik merasa gaada yang bisa adik sampaikan biar kelihatan pinter

Ternyata selalu ada hal yang bisa adik sampaikan. Caranya gampang dik, adik berhenti sejenak terus tinggal ngomong “ceritain lebih banyak lagi dong”. Atau bisa pake “ceritain lebih detil dong”. Dengan ngasih lawan bicara kesempatan bicara lagi, adik jadi punya waktu buat mikirin apa yang bakal adik omongin sehingga nyambung sama lawan bicara.

Contohnya nih,

Temen Adik  : “Kemaren gua abis liburan ke Bromo.”

Adik   : “Oh iya? Ceritain dong, disana ngapain aja?”

Tapi untuk catatan dik, ekspresi yang adik tunjukkan harus dengan penuh rasa ingin tau.

Kalo saya udah keburu ngomong sesuatu yang bodoh gimana, pak?

Kesalahan itu normal dan wajar dik dalam berkomunikasi. Basa-basi yang spontan ini lebih mengarah ke koneksi (connection) dibanding kesempurnaan (perfection). Ibarat sutradara yang nyuruh aktornya buat nge-take satu scene berkali-kali. Jadi akan lebih baik kalo adik menganggap kesalahan itu sebagai scene yang kureng. Yang adik lakukan tuh gak salah, cuman ada cara lain biar scene itu lebih bagus dan adik bisa coba lagi.


Dan masih banyak lagi tips basa-basi yang disampaikan oleh Pak Matt Abrahams, seorang dosen Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour) di Stanford Graduate School of Business. Untuk lebih lengkapnya, adik bisa tonton video ini ya,

Semoga abis adik nonton video tadi, adik makin jago basa-basi yak!

 

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
68

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait