Tips Biar Anak Gak Coret-Coret Tembok Ruang Tamu

11 Oct 2022

Namanya punya anak, emang kudu nyiapin hati buat liat galeri seni di mana-mana. Masih mending ya kalo di kamar gitu, gak ada tamu yang liat. Lah kalo lukisan abstraknya di ruang tamu bisa berabe dah.

Anak-anak mulai dari dua tahunan biasanya udah seneng banget nyorat nyoret. Apa bae dicoret-coret. Termasuk tembok ruang tamu. Nah, buat bapak yang kepingin tembok ruang tamunya tetep bersih, bisa dicoba nih beberapa tips ini:

 

1. Selalu sounding kalo yang bisa dan boleh dicorat coret itu ya kertas. Jangan Cuma sounding aja, tapi Bapak juga harus siapin medianya.

Bapak bisa beliin buku kosong khusus buat dia kreasi, atau ambil HVS bekas dari kantor yang lembar belakangnya masih bisa dipake. Lumayan banget kan selain bisa ngurangin sampah di kantor, Bapak juga bisa bawa pulang buat anak.

Jangan lupa pas disounding, juga sambil dicontohin “Ini coretnya disini ya, nak. Kamu bebas gambar apa aja”

 

2. Beli wallpaper papan tulis buat ditempel di tembok. Itu semacam kaya stiker tapi lebaar banget. Trus biasanya bisa dicopot lepas atau bisa dihapus, Pak. Jadi makin ringkes.

Ada dua tipe whiteboard atau blackboard. Ini Bapak bisa beli di market place ya, nanti digulung gitu dikirimnya. Kalo Bapak mau beli papan tulis beneran boleh banget. Tapi kalo yang lebar banget gitu biasanya mahal dan berat Pak, susah bawanya.

Jangan lupa sediain juga kapur atau spidol markernya ya Pak.

 

3. Corat-coret di lantai/ keramik. Andalan saya banget ini mah, paling simpel menurut saya tuh.

Saya contohin nulis di lantai pake spidol. Terus anak saya ikut-ikutan gitu dah, seru bener Pak. Area gambarnya juga jadi lebih luas. Sediain juga tissu atau lap basah buat ngehapusnya. Udahannya jangan lupa Bapak ajak anak buat bareng-bareng ngepel lantainya.

Inget, jangan pake spidol permanen ya, amsyong kalo ketahuan istri. Etapi kalo terlanjur pake yang permanen bisa dihapus loh Pak. Pake body lotion atau lotion anti nyamuk juga bisa. Diolesin terus digosok-gosok pake tisu. Ehm, istri gak jadi ngomel ya Pak, lantainya kembali kinclong.

 

4. Pasrah dan maklumin kalo tembok ruang tamu terlanjur kena coret. Biasanya kalo kaya gini dan udah cukup parah saya malah sengajain, “Hayoo hayoo lanjut, dek. Puas-puasin coretnya yaa, tapi bagian ini aja, jangan ngerembet ke ruang tv apalagi kamar”.

Kalo kaya gini bapaknya juga seneng, soalnya jadi ada alesan buat ganti cat. Seneng kan? Hayo ngaku!

quote

Kalo anak Bapak suka nyoret2, berarti dia lagi eksplor sisi kreatifnya, Pak. Daripada dilarang, mending difasilitasi, ya.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
11 Oct 2022
Dilihat :
50

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait