Tips Biar Bapak Bisa Jadi Teman Baik buat Anak Sendiri

03 Jun 2022

Saya tuh kepengen banget jadi temen deketnya anak-anak. Makanya saya mulai ngebiasain hal-hal simpel yang bikin hubungan kami jadi makin deket. 

 

1. Sebelum tidur, ajak anak buat cerita gimana keseruannya hari ini

Kagak perlu lama-lama buat ngobrol sama anak bapak sebelom tidur. Saya biasanya minta mereka buat cerita ada keseruan apa hari ini, apa yang udah dilakuin seharian, trus gimana perasaan mereka seneng apa engga. Secara nggak sadar, mereka jadi kebiasa buat cerita apa aja sama saya. 


2. Dengerin dengan antusias

Siapin kedua kuping buat dengerin cerita anak-anak dari yang penting ampe nggak penting, dari yang nyata ampe khayalan-khayalan mereka. Dikit-dikit bolehlah kasih respon, ceritain pengalaman bapak tapi kagak usah panjang-panjang nanti anak bapak malah bosen.


3. Nggak pernah mojokin pake kalimat-kalimat yang menyudutkan

Kalo anak udah nyaman cerita sama bapak, sebisa mungkin jangan ampe keluar komentar negatif yang bahkan cenderung mojokin anak. Kek misalnya “Ya lagian kamu sih badung bener”. Buang jauh-jauh kebiasaan ngasih label anak nakal, pemales, ato sejenisnya. Kalo mau ngasih nasehat, pake kata-kata yang lembut dan fokus sama solusi aja. Anak-anak juga males kali pak punya temen yang doyan ngomel. 


4. Support dengan selalu dateng apa pun kegiatan anak

Kadang saking sibuknya, bapak lupa buat sekedar nyempetin dateng atau nganterin anak sekolah maupun les. Pas kecil, saya inget banget rasa senengnya tiap ditengokin orang tua pas lagi ada kegiatan sekolah. Nah, sekarang giliran kita yang begitu pak!


5. Hargai kejujurannya

Mau anak ngelakuin salah ato bener, selama mereka mau cerita sama saya, artinya mereka masih nganggep saya temen baiknya. Makanya, respon pertama yang harus saya munculin adalah ngehargain kejujuran dia yang udah mau cerita sama saya. Kalimat pertama yang muncul tiap anak-anak abis cerita sama saya adalah “makasih ya udah percaya buat cerita sama bapak”. Dengan begitu, anak makin percaya dan kalo ada apa-apa, anak nggak segen buat cerita lagi sama bapak.

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait