Tips Biar Gak Bengong Saat Tiba-Tiba Harus Power Point Karaoke

11 Aug 2022

Momen dimana bapak harus presentasi slide yang ga pernah dilihat sebelumnya disebut Power Point Karaoke. Momen ini cukup amsyong mengingat bapak cuma punya sepersekian menit atau detik buat mencerna isi slide sebelum cuap cuap di meeting.

Nah berikut ada beberapa tips biar bapak ga bengong-bengong banget gitu pas harus Power Point Karaoke.

1. Lihat judul kalender meeting atau judul awal slide. Kalau bapak beruntung, bapak akan dikirimin link meeting online dadakan atau ikut presentasinya dari awal.

Nah, momen ini yang bisa bapak manfaatkan buat cek judul kalender meeting atau judul awal slidenya. Dari situ, bapak bisa manfaatin buat dapet konteks sebenernya meeting dan slide ini tuh ngobrolin apaan sih.

Kecil kemungkinan judul meeting dan slide melenceng dari isi meetingnya. Kalau bapak tau konteksnya, itu akan menjadi dasar untuk semua slide yang akan tiba tiba bapak lihat

2. Baca headline slidenya. Slide yang bagus pasti akan punya headline yang biasanya satu kalimat yang merangkum isi dari slide tersebut.

Seenggaknya bapak udah tau lah kalimat pertama bapak pas menjelaskan slidenya itu apa, ya baca headlinenya. Abis baca headlinenya barulah bapak coba menambahkan di sana sini apa yang kira kira bisa bapak simpulkan dari slide tersebut

3. Kalau ada grafik, langsung liat trennya. Setelah bapak baca headlinenya, tetiba bapak melihat grafik di slide bapak.

Jangan panik! Bapak cukup lihat titik awal, akhir dan trennya secara keseluruhan. Karena ujungnya cuma ada 3 tren, naik, turun, atau stabil.

Setelah itu bapak bisa lihat dan menambahkan kira kira ada apa dengan tren tersebut dari melihat bidang tengah dari grafiknya.

4. Kalau ada tabel angka, lihat angka paling besar, atau paling bawah. Ujian berikutnya adalah bapak ketemu sama tabel yang isinya angka-angka keriting.

Agak tricky ini pak, bapak musti lihat dengan cepat ini tabelnya soal apa. Kalau misalnya mengenai periode, bapak langsung cari angka paling besar dan kecil buat bahan obrolan.

Kalau misalnya ini mengenai akumulasi sesuatu, bapak lihat angka paling bawah karena biasanya total akan dijumlah kebawah, hanya saja kalau berkaitan dengan periode juga, angka total biasanya akan berada di kanan.

5. Kalau ada temen, jangan sungkan minta bantuan. Kalau semua jurus diatas bapak sudah pakai dan tetap buntu, bapak bisa minta tolong ke teman atau bos.

Khususnya yang tiba-tiba narik bapak ke meeting dengan kalimat “Mungkin bapak atau mas ada yang mau ditambahkan?”

Selain tips di atas, jam terbang itu pengaruh banget sih pak sejago apa bapak menghadapi Power Point Karaoke ini.

quote

Makin sering ngalamin biasanya makin jago dan sigap, tapi semoga jarang menghadapi case kayak gini ya pak. 

Ditulis oleh:
Runa Aviena
11 Aug 2022
Dilihat :
47

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait