Tips biar Mental Adik-Adik Gen Z Makin Kuat di Tengah Gempuran Kehidupan

Bacaan 2 menit

Makin dewasa adik pasti ngerti gimana kondisi fisik dan mental kita harus tetap kuat menghadapi segala rupa-rupa kehidupan. Makanya ada cara yang bisa dilakukan biar mental tersebut semakin kuat setiap harinya.

Harus punya tempat pembuangan emosi

Setiap orang pasti punya pikiran-pikiran negatif yang sering menghantui mau pagi, siang, malem. Tapi pikiran-pikiran negatif tersebut justru bakal bikin mental yang adik punya makin lembek, makanya perlu dibuang. Mindset negatif seperti kekhawatiran, keraguan, ketakutan bisa menghalangi adik buat sampai ke tujuan loh kalo gak segera dibuang jauh-jauh. Buat mengalihkannya, adik bisa mulai jurnaling untuk meluapkan semua emosi yang adik punya atau bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan meski hanya sekedar konsultasi dengan begitu adik akan merasa jauh lebih ringan dan mental yang adik punya semakin membaik.

Tau apa yang harus dipilih

Kadang adik pasti merasa tertekan saat membuat keputusan, entah itu karena terlalu khawatir mengecewakan orang lain atau membuat orang lain merasa tidak enak saat adik sudah menentukan suatu pilihan. Padahal sebenernya gak ada pilihan yang 100% benar, pilihan yang adik pilih kan harus mempertimbangkan apa yang adik mau atau apa yang adik butuhkan pada saat itu, barulah adik bisa lebih percaya diri dengan pilihan yang adik pilih. Buat lebih mudahnya, adik bisa menuliskan daftar keinginan dan kebutuhan adik lalu eliminasi satu per satu sampai menemukan hal yang benar-benar mau dipilih.

Lakukan hal sulit lebih dulu

Hidup mungkin akan selalu terlihat berantakan tapi gak apa-apa dik itu normal ko. Adik mungkin bakal ditimpa banyak hal-hal yang kurang mengenakkan, untuk itu adik bisa cari dukungan dari orang-orang terdekat seperti pasangan, keluarga, bahkan sahabat demi memperkuat mental adik dalam menghadapi hal-hal sulit di depan. Pas adik udah berhasil melewati hal sulit tersebut, adik akan lebih mudah melewati rintangan yang lain.

Latihan fisik

Olahraga fisik bukan cuma buat jaga kesehatan fisik adik aja tapi buat kesehatan mental juga. Latihan fisik bakal bantu adik buat konsisten dan disiplin dengan begitu pikiran-pikiran negatif bakal susah buat masuk ke pikiran yang sangat mungkin mengganggu kesehatan fisik adik juga.

Adik bisa tambahin hal lainnya seperti di video berikut ini biar mental adik terus terasah.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
51

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait