Tips Biar Peluang CV Adik Lolos Nambah Dua Kali Lipet

17 May 2022


Selain butuh pengalaman sama skill yang sesuai, ngelamar kerja juga perlu yang namanya Curriculum Vitae atau CV. CV yang baik bakalan ngebantu adik2 buat dapet panggilan interview saat melamar kerja. Emangnya kek gimana sih CV yang bisa bikin adik2 lolos, trus dipanggil? 


Pastiin CV adik ATS Friendly.

ATS atau Applicant Tracking System itu semacem software yang dipake HR perusahaan buat bacain resume dan seleksi awal. Banyak perusahaan besar yang udah pake ATS ini. Makanya, adek kudu bikin format CV yang sesuai biar lolos dari review ATS ini. Misalnya, pake layout yang supaya gampang dibaca ATS. Trus, ATS itu juga pake keyword. Jadi pastikan adik2 pake kata-kata yang relevan buat pekerjaan yang dilamar. Misal, kalo ngelamar pekerjaan graphic designer pastiin nyantumin kata-kata seperti ‘desain’, ‘Adobe Photoshop”, dan lainnya. Makin adik relevan sama kata kunci yang dibutuhin, poin adik juga makin nambah. Udah banyak juga website ato aplikasi yang nyediain template buat bikin CV yang ATS-friendly. 


Cantumin Pendidikan Terakhir Aja.

Nah supaya CV adek kagak terlalu wordy, cukup nyantumin pendidikan terakhir aja. Logikanya mah kan kagak mungkin adik lulus kuliah, tapi kagak lulus SMA. Jangan lupa cantumin prodi dan IPK kalo adik lulusan universitas atau jurusan dan NEM kalo adik lulusan SMA.


Apus Informasi yang Sifatnya Terlalu Pribadi.

Nah, informasi yang ditaro di CV mending seperlunya dan sepentingnya aja. Adik kagak mau kan informasi personal jadi viral ke mana-mana. Lagian gak relevan juga buat kerjaan. Informasi kek tempat tanggal lahir bisa diganti jadi umur adik. Yang penting, informasinya padet ama akurat. 


Cantumin Cover Letter.

Pas adik ngelamar kerjaan, terutama lewat email, jangan lupa buat ngisi body e-mail atau cantumin cover letter. Isinya berupa alasan kenapa adik kepingin kerja di perusahaan itu. Jelasin juga adik tuh orang yang kek apa. Gaya tulisannya juga harus formal. Kalo sampe adik lupa nyantumin, kemungkinan besar lamarannya gak bakal diliat.


Cantumin portfolio.

Ada beberapa pekerjaan yang butuh portofolio buat ngegampangin perusahaan hasil karya yang udah adik buat. Contohnya, kalo adik graphic designer, perusahaan pasti kepingin ngeliat gaya desain adik kek gimana. Cuman, kalo adik masih fresh graduate trus gak punya pengalaman kerja, adik bisa nyantumin hasil karya yang paling bagus pas kuliah. Inget dik, portfolio bakalan ngasih nilai plus buat lamaran adik. 


CV yang baik itu modal awal yang bagus buat ngelamar kerja. Selain itu, adik juga tetep perlu persiapan penuh ama punya skill yang cocok yak buat kerjaannya. Moga-moga yang belom dapet kerja jadi dapet kerjaan. Amin.

-Ditulis oleh Tiffon

Ditulis oleh:
Tiffon
17 May 2022
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait