Tips Buat Adik-Adik Mahasiswa Yang Udah Lebih 8 Semester tapi Skripsinya Belum Kelar

31 Aug 2022

Di masa akhir kuliah, skripsi emang jadi masalah yang kayanya berat bener. Adik sadar kalau perlu segera lulus kuliah, tapi adik juga kadang bingung gimana biar skripsi cepet beres.

Nah, kali ini saya mau sharing beberapa tips yang saya dan temen2 saya lakuin. Moga2 bisa bantu ya, dik.

1. Skripsi yang bagus adalah skripsi yang selesai. Ini mindset utama dan paling penting yang harus adik miliki. Jangan terlalu idealis kalo nulis skripsi, dik. Toh kan adik punya dosen pembimbing. Nanti dosen akan bantu adik ngasih tahu bagian apa aja yang perlu direvisi.

Kalo kata dosen saya dulu, "Kalau masih S1, skripsi itu sarana belajar. Jadi ganapa kalau gak sempurna. Gak usah takut skripsinya gak bagus. Karena skripsi yang bagus itu yang selesai."

2. Ikuti maunya dosen, kecuali dosennya santuy dan bisa dinego. Kalau adek dapat dosen yang keras kepala ikuti aja dek. Asli ga boong. Pokoknya mah tamat dulu aja deh.

Lagipula, lebih baik bersabar sama dosen pembimbing sekarang, daripada mesti ngadepin omongan keluarga dan tetangga yang suka nanyain “kapan lulus?” di saat idul fitri. 

3. Jangan nyerah klo dighosting pembimbing. Kalau adik sering dighosting dosen, mending fokus lakukan hal yang bisa adik lakukan. Maksudnya sambil nunggu dosen ngerespon lagi, mendingan adik ngelakuin hal yang produktif. Semisal diskusi sama senior atau ke dosen lain yang kira-kira bisa ngasih saran sebaiknya adek mesti ngapain.

4. Jangan malu kalo udah lama ga bimbingan. Sebenernya, gak cuma dosen yang bisa ghosting. Banyak juga temen saya yang lupa bimbingan trus dicariin sama dosennya. Trus alesannya sih malu, gak enak kalo mau ngontak dosen lagi soalnya kelamaan gak bimbingan.

Nah, kalau adik tipe yang kaya gini, adik mesti inget kalau dosen adik nungguin adik. Bahkan bisa jadi, dosen adik malah kangen dan kuatir sama skripsi adik. Jadi, udahan ghostingnya, kontak dosen sekarang juga!

5. Skripsi susah pak sampai mau nangis rasanya. Emang susah dik. Saya dulu juga rasanya mau nyerah aja. Jadi, ganapa kalo adik mau nangis. Tapi jangan nyerah dan berhenti, ya! Meskipun pelan-pelan, pasti bakalan bisa selesai kok.

6. Sering-sering baca skripsi senior di perpus kampus. Baca skripsi senior akan ngebantu adek buat paham alur penulisan skripsi. Karena tiap kampus bisa jadi memiliki metode penulisan yang berbeda2.

Plus kita bisa tahu sumber-sumber penulisan dari para senior kita itu berasal dari mana. Semasa mahasiswa, tips ini sangat ngebantu saya sehingga ga bingung lagi buat cari sumber bahan skripsi.

7. Coba curhat ke senior atau teman yang pintar. Hampir semua mahasiswa di Indonesia pernah kehabisan ide buat nulis skripsi. Yang bikin skripsi lama itu ga cuma susah di nulisnya, tapi kadang juga bermasalah sama dosen. 

Salah satu cara ampuh untuk menanganinya adalah adek coba ajak ngobrol senior atau teman yang menurut adek pintar secara akademik.

Coba ceritain masalah adek ke mereka. Biasanya orang2 ini selalu punya solusi terkait masalah akademik, mana tahu mereka bisa ngasih jalan keluar dari proses skripsi adek yang ga kunjung kelar2 sampai saat ini.

Intinya, jangan nyerah sama skripsi ya, dik. Banyak kok mahasiswa biasa yang nilainya rata-rata bisa lolos skripsi. 

quote

Jadi, yakin aja kalau semua orang pasti bisa lolos skripsi. Termasuk adik. Dah, yuk, lanjut skripsian lagih!

Ditulis oleh:
Runa Aviena
31 Aug 2022
Dilihat :
36

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait