Tips buat Bapak yang Mau Berkarir Sebagai Penulis Lepas

03 Jun 2022

Nah, ini cara yang saya lakuin dulu pas mau mulai berkarir jadi penulis lepas nih pak. 

Jadi penulis lepas itu alternatif banget buat saya yang mulai bosen ama kerjaan utama yang menurut saya udah gitu-gitu aja, udah kelamaan kerja yang monoton, atau kepingin lebih mencurahkan isi hati lewat tulisan. Ceilaah~

Ngomong-ngomong pak, kalo masih bingung sama penulis lepas itu apa, sebenernya ya bapak nulis tapi nggak terikat waktu. Ngerjain tulisannya sesuai ama deadline yang dikasih. Ini saya coba kasih tips buat bapak atau adik-adik yang kepingin jadi penulis lepas atau freelance writer menurut pengalaman saya ya. 

Banyakin baca. Biasain baca apa aja deh pak. Komik, novel, sampe koran yang jadi langganan bapak tiap pagi tuh. Kalo saya sendiri sih suka baca novel anak2 muda sama baca post sosmed yang tiap hari ada aja yang menarik buat dibaca. 

Saya seneng bener baca buku yang bentukannya novel-novel cerita, buku motivasi yang nggak berat-berat banget, sampe ke buku yang ngebahas teori-teori soal tulis-menulis. Beneran deh, makin banyak baca, makin bisa kebayang gimana nanti kalo kita sendiri yang mulai nulis.

Mulai dari sosmed sendiri. Saya mulai sadar kalo sosmed bisa jadi satu tempat yang bermanfaat buat bikin porto nulis itu dari sekitar 3 tahun lalu. Dulu, saya maen sosmed ya cuma buat ngeluh. Kagak kepikiran tuh ngebikin sosmed buat personal branding dan dijadiin portofolio. Padahal, peluang buat jadi penulis lepas lewat sosmed sendiri gede bener. 

Sedikit cerita pak. Sejak ngubah sosmed jadi mini-blog pribadi, saya mulai bisa dapet kesempatan jadi penulis lepas dari sini. Dari yang cuma nulis puluhan kata sampe bikin berapa ratusan kata. Jangan salah nih pak, sosmed bisa bermanfaat kalo kita bener makenya. Jadi pak, mending mulai nulis2 daripada bingung mau isi sosmed pake apaan. Diisi poto gak jago moto, diisi selfie muka bapak malah bikin malu ahahahak.

Nulis di blog. Ini bisa jadi alternatif buat bapak yang pengen berkarir jadi freelance writer. Saya nulis di blog karna ngebantu banget buat ngelatih nulis artikel yang jauh lebih panjang ketimbang di sosmed yang kebates karakter pak. Selain itu, bapak juga bisa belajar soal SEO, bikin headline yang clickbait, sampe nentuin bahasa tulisan yang ada di blog.

Saya dulu mulai nulis di blog yang bahas cerita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampe kegiatan apa aja yang dilakuin seharian. Yang penting, nulis aja dulu.

Nulis di notes hape. Kalo belom tau notes hape dipake buat apa, sekarang bapak bisa manfaatin nih buat nulis apa aja yang kepikiran pas lagi kagak bisa buka laptop. Biasanya nih nulis di notes hape itu karna lagi di jalan atau lagi jogging muterin alun-alun. Jaman sekarang pan udah serba canggih, jadi mau ngapain aja juga udah serba gampang.

Mulai cari lowongan penulis kontributor. Kagak usah melempem kayak kerupuk kena angin. Kalo udah punya porto dan siap jadi penulis lepas, berarti bapak udah harus mulai jadi kontributor. Banyak kok pak. Saya juga mulai dari kontributor dulu beberapa tahun lalu. 

Nulis di media online tuh kebuka banget kesempatannya. Bapak bisa cari-cari media online yang emang nerima buat kontributor kaya IDN Times, Kumparan, BaBe (Baca Berita), jalantikus.com dan masi banyak lagi. Trus, yang paling nyenengin pak, kalo tulisan kita bagus, bisa dapet insentif buat beli kuota ihiyy!

Jadi penulis lepas banyak bener manfaatnya dari mulai dapetin duit tambahan sampe nemuin relasi yang luas bangettttt. Dan yang paling penting, saya jadi bisa ngeliat dunia lebih luas dari tulisan yang saya buat. Udah gitu, waktunya juga fleksibel soalnya bisa dikerjain di mana aja.

Ditulis oleh:
Nasuha
03 Jun 2022
Dilihat :
41

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait