Tips Membina Hubungan yang Baik dengan Office Boy

Bacaan 2 menit

Siapa sih salah satu superhero di kantor menurut Bapak Ibu? Kalau buat saya, salah satu superhero saya di kantor adalah para office boy.

Saya suka sedih karena masih suka liat orang yang komunikasi ke para office boy dengan kurang baik. Padahal mereka adalah rekan kerja kita juga lho. Kalau gak ada mereka, mungkin kantor akan kotor, berantakan, dan separuh jiwa kita hilang deh.

Saya ada beberapa tips nih supaya hubungan kita dengan para office boy terjalin dengan harmonis.

1. Magic Words
Namanya juga magic, jadi pasti sangat berpengaruh besar nih dalam kehidupan kita. Magic words di antaranya adalah tolong, maaf, dan terima kasih. Simple dan mudah diingat, tapi seringkali masih banyak yang gengsi atau malah enggan menggunakan magic words tersebut. Mudah-mudahan kita bukan golongan itu ya.

2. Sadar Situasi dan Kondisi
Para office boy juga pekerja di kantor, sama seperti kita. Jadi ada baiknya kita sadari kalau mereka juga butuh waktu istirahat. Tolong ya Pak Bu, sebisa mungkin jangan maksa minta tolong disaat mereka sedang istirahat, misal saat mereka sedang makan. Atau kalau misal lagi hujan deras tolong gak usah maksa minta tolong mereka untuk bantu beliin makanan keluar kantor.

3. Biasakan Berbagi
Seringkali kita nitip untuk beli makan siang ke mereka. Kadang juga mereka bantu ambilin pesanan online kita yang datang mulu kayak air mengalir. Karena mereka udah berjasa buat kita, gak ada salahnya sesekali kita berbagi ke mereka. Kalau ada makanan, boleh lah dibagi biar sama-sama nyicip. Toh mereka juga yang akan bantu nyuciin peralatan makannya. Atau kadang kalau ada lebihan hadiah setelah event dan memungkinkan untuk dibagi, jangan pelit untuk bagi ke mereka.

4. 3S (Senyum, Salam, Sapa)
Jangan pelit senyum, beraniin untuk menyapa dan kasih salam duluan, misal ucap selamat pagi ke mereka. Seringkali tanya hal-hal basic seperti nanya kabar hari itu atau nanya udah makan atau belum itu berkesan lho buat mereka. Kalau ini harus dilatih dan dibiasain Pak Bu, biar kalau ngobrol atau tegur-teguran lebih mengalir. Seringkali mereka senyum, salam, dan sapa kita, jangan asal melengos ya, dibalas dengan baik ya.

5. Ringan Tangan
Saling membantu itu gak akan mengurangi nilai kita, justru akan menambah nilai kita. Jadi jangan ragu untuk saling bantu. Misalnya saat kita balikin peralatan makan, pastiin dulu kita udah buang sampah sisa makan atau minum kita, kemudian bilas peralatan makan supaya gak berkerak dan bikin susah saat dicuci. Kalau sekiranya di tempat cuci puring cuma ada peralatan makan bekas kita aja, cuci aja sekalian Pak Bu, anggep aja lagi di rumah sendiri dan hitung-hitung bantu ngeringanin pekerjaan orang lain. Bukan hanya itu, kalau mau ninggalin meja, tolong pastiin kalau gak berantakan dan gak ninggalin sampah di area kerja kita.

Kira-kira begitu Pak Bu kalau ala saya. Kalau ala Bapak Ibu, ada tips lain gak? Ceritain di kolom komentar dong, siapa tau saya dan Bapak Ibu lain yang baca ini bisa niru kebaikan Bapak Ibu ke superhero kita di kantor masing-masing.

Semoga kita bisa sama-sama aplikasiin hal-hal baik di atas ya Pak Bu. Jangan lupa selalu ingatin teman-teman lain di kantor tentang ini ya. Titip salam dari saya buat superhero Bapak Ibu di kantor ya!

Ditulis oleh:
Ini Ibu Didi
Bacaan 2 menit
Dilihat :
395

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait