Tips Menyiapkan Dana Lahiran istri

06 Oct 2022

Bapak-bapak yang udah ada rencana mau punya anak apakah udah pada nyiapin dana? Penting banget loh pak nyiapin dana buat lahiran tuh. Soalnya melahirkan tuh butuh biaya yang banyak banget. Enggak cuma buat lahirannya aja, tapi ada beberapa biaya lain yang kalo diitung-itung jumlahnya kagak kecil. Justru biaya bocor alus pas istri lahiran gini ini yang bikin boncos. Soalnya enggak berasa, tau-tau udah abis duitnya. Nah, ini saya mau kasih tips gimana nyiapin dana lahiran buat istri berdasarkan pengalaman.

1. Meskipun Lahiran Normal, Siapin Dana Seharga Caesar

Namanya emergency tuh kan enggak tau ya kapan datengnya. Sama juga kayak pas istri lahiran. Udah rencana normal, persiapan juga normal, tau-tau pas proses lahiran ada keadaan darurat yang mengharuskan operasi caesar. Kan mak jleb jadinya di hati dan dompet.

Makanya kalo bapak sama istri nyari tempat buat lahiran, selain nanya harga lahiran normal bapak kudu nanyain harga lahiran caesar juga. Biar bisa siapin dananya kalo kalo ada kejadian darurat yang bikin proses lahiran ganti jadi caesar. Ini biaya buat proses lahirannya aja ya, pak. Beda lagi sama biaya kamar. Kalo nyiapin biaya kamar bapak pilih aja ruangan yang sesuai kebutuhan bapak sama istri.

2. Pisahkan Dana Lahiran Istri sama Dana Bayi Baru Lahir

Kalo istri lahiran, bapak kudu siapin dana buat bayi yang baru lahir juga. Ini kudu dibedain dananya ya pak soalnya kebutuhannya juga beda. Biarpun pihak rumah sakit nyediain paket lahiran, bapak sediain juga dana darurat buat bayi.

Dana daruratnya ntar bisa kepake buat vaksin bayi yang enggak termasuk di paket lahiran rumah sakit atau kalo misalnya si bayi perlu perawatan intensif di NICU. Nah yang kayak gini kan jelas enggak termasuk di paketan lahiran. Jadi, bapak kudu jaga-jaga nih biar dompet kagak megap-megap.

3. Siapin Dana Buat Bapak Juga

Jagain istri lahiran juga perlu biaya, pak. Minimal bapak siapin biaya transportasi dan biaya makan bapak. Ini tuh sebenernya bisa jadi pengeluaran bocor alus yang kalo enggak disiplin ngaturnya, bisa amsyong keuangan bapak. Jadi pastiin bapak itung-itung kebutuhan bapak juga ya.

4. Buat yang Pake BPJS

Kalo pake BPJS sih enak ya, soalnya semuanya udah dicover sama BPJS. Bapak juga enggak perlu ngeluarin duit buat lahiran sepeser pun. Tinggal bapaknya nih yang kudu sat set sat set merhatiin prosedurnya. Bapak kudu aktif nanya dokter dan rumah sakit yang bersedia membantu persalinan pakai BPJS dan prosedurnya ntar gimana. Terus bapak juga perlu inget kalo yang dicover sama BPJS nih istri yang lagi melahirkan. Adek bayi yang baru lahir beda lagi ya pak. Jadi meskipun bapak enggak ngeluarin duit sepeser pun buat lahiran istri, bapak tetep perlu nyiapin dana buat bayi.

Intinya pak, siapin duit yang banyak buat istri lahiran hehehe. Kalo pengalaman saya sih dulu enggak nyiapin duit buat bayi. Jadi pas bayinya harus masuk NICU dan kudu extend, barulah sadar kalo duitnya langsung ambyar pas mau pulang. Semangat ya pak, sesuaikan dengan kemampuan, tapi ada baiknya bapak siapin lebih juga.

Ditulis oleh:
Girly
06 Oct 2022
Dilihat :
50

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait