Tips-tips Buat Bapak Menghadapi Bulan Ramadhan

Bacaan 2 menit

Memasuki bulan Ramadan, banyak sekali persiapan yang harus bapak siapkan. Biasanya selain mempersiapkan diri untuk berpuasa dan beribadah. Ada beberapa hal lain yang bisa bapak siapkan juga agar mempermudah kelancaran bapak ketika berpuasa. Berikut saya kasih tips-tips biar bapak lancar menghadapi bulan Ramadan.

Ngestok Belanja Bulanan khusus Ramadan

Ketika memasuki bulan puasa, pastinya kita akan menjalankan sahur dan buka puasa. Kadang ada aja hari dimana bapak kesiangan bangun sahur. Ketika mepet dengan waktu imsak atau azan Subuh, bapak masih bisa makan makanan yang ringan dan tidak terlalu berat. Makanya bapak harus menyiapkan stok stok makanan yang mudah dimakan ketika sahur, makanan instan atau frozen food juga bisa karena tinggal bapak masak aja. Sama bapak bisa langsung belanja kebutuhan buat bulan Ramadan dalam satu hari. Karena biasanya supermarket bakal rame banget pak, pas bulan puasa. 

Masak Lauk Pauk yang masih bisa tahan sampai sahur

Biar apa pak? Biar ketika sahur, tinggal dipanasin atau dimasukin microwave aja, pak. Hal ini ngehemat banget waktu masak bapak ketika sahur dan semisal terjadi kasus bangun kesiangan kayak poin diatas tadi, bapak cuman manasin terus bisa langsung makan.

Manage jam istirahat dengan baik ketika puasa

Karena jam kerja ketika bulan Ramadan biasanya lebih cepat (baik jam masuk dan jam pulangnya), bapak harus bisa ngeset waktu dengan baik. Misalkan nih, bapak biasa tidur jam 11 malem kalo hari normal, idealnya ketika puasa bapak bisa mempercepat jam tidur bapak sejam lebih cepat. Jadi pas puasa bapak baiknya tidur jam 10 malem. Ketika Bapak bangun sahur jam 3 pagi, bapak baru tidur sekitar 5 jam. Normalnya orang dewasa butuh waktu tidur 7-8 jam. Bapak bisa ngebagi jam tidur sisanya baik habis waktu Subuh ataupun ketika jam istirahat kerja di siang hari. Sehingga jam tidur bapak bisa optimal.

Bukan cuman nahan laper dan haus, tapi nahan nafsu dan emosi juga

Ini kadang yang sering keliwat sama kita, pak. Biasanya cuman mikir kalo puasa cuman nahan lapar dan haus sampe Maghrib, padahal harusnya kita menahan nafsu dan emosi juga. Biasanya ada aja yang bisa bikin kita emosi dalam kehidupan sehari-hari, nah ketika puasa sebaiknya bapak hindari sumber-sumber yang memicu emosi bapak, contohnya liat skor MU.

Kalo bapak ada kondisi kesehatan, baiknya konsultasi dulu ke dokter atau ahli, kalo mau berpuasa

Kalo bapak memiliki kondisi kesehatan yang mungkin terpengaruh ketika sedang berpuasa, konsultasikan dengan dokter atau ahli biar bapak bisa mendapatkan panduan menjalankan bulan Ramadan dengan aman. Beda penyakit, beda juga perlakuannya, pak. Jadi sebisa mungkin bapak konsultasikan dulu aja ke dokter atau ahli.

Kurang lebih itulah tips yang bisa bapak terapkan untuk menghadapi bulan Ramadan. Semoga puasanya lancar ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
118

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait