Tips yang bisa adik coba buat ningkatin minat baca

Bacaan 2 menit

Kita sama-sama tau kan dik bahwa negara kita salah satu negara dengan minat baca paling rendah didunia, dan ada salah satu jokes dari seorang komika yang saya suka, katanya, kalo aib dan rahasia terbesar yang kita punya ditulis dan dijadiin buku mungkin 100 tahun lagi bakalan ketahuan deh haha. Padahal ya dik, kita udah sama-sama tahu manfaat dari banyak membaca.

1. Baca yang disuka. Paling gampang memulai dengan apa yang adik suka dulu deh entah genre bukunya, penulisnya, mungkin buku dari film yang adik suka, atau mungkin bisa jadi dari penerbit yang adik sudah tahu dan suka. Read what you love until you love to read kalo bahasa kerennya mah dik, kalo udah mulai kebiasaannya baru deh adik coba mulai untuk lebarin jangkauan adik ke topik dan tema yang lain.

2. Mulai dengan buku yang tipis dulu. Adik juga bisa mulai baca dari buku yang ringan dan secara jumlah halamannya juga tipis buat ngebentuk kebiasaannya dulu takutnya entar kalo adik baca buku yang jumlah halamannya 600 lebih malah bikin adik cepet bosan dan stress takut kaga bisa ngabisin tuh buku, kan kasian masih muda udah stress hehe. Gapapa juga kok kalo bacanya kayak buku saku yang 20-30 halaman, cerpen atau baca koran dan majalah dik. 

3. Ikut Komunitas. Gabisa dipungkiri kalo sebuah lingkungan dapat berpengaruh kepada seseorang, kalo adik ga punya lingkungan yang mampu ngebantu adik, mungkin adik bisa coba ikut komunitas, ada banyak banget komunitas pecinta buku dan di sosial media. Saya awalnya gabung ke salah satu tribe “Baca Buku Setiap Hari” di aplikasi Tribelio dimana disana kita diajak buat baca buku apa saja setiap hari minimal satu halaman dan harus ngerangkum bacaannya di hari yang sama secara Parafrase atau sekedar ngebuat faedah dan dibagikan buat anggota lain. Dan yang kerennya juga, adik bisa hibah atau dapat hibah buku dari/ke anggota lain secara gratis. Bagi saya ini sangat bermanfaat dik, dan berpengaruh besar bagi kebiasaan membaca saya. Harapannya sih, adik juga bisa coba kebiasaan ini.

4. Gabung Member Toko Buku.  Adik juga bisa coba gabung member toko buku gitu, selain dapat promo diskon, hadiah dan info buku terbaru, semoga dengan adanya keuntungan tersebut, adik punya minat buat beli buku original. Jangan beli buku bajakan ya. Harapannya juga semoga adik punya gairah untuk menikmati bacaan dari buku-buku yang sudah adik beli yaa.

Saya juga nyesel baru belakangan ini rajin baca buku. Kalo bisa mah sedini mungkin punya kebiasaan ini. Gaada kata terlambat, dik. mulai dari sekarang yuk sama-sama kita berproses biar minat bacanya terus meningkat. Masing-masing orang punya alasan dan cara sendiri buat ningkatin minat bacanya, semoga tips dari pengalaman saya cocok dan bermanfaat buat adik-adik yaa.

 

Ditulis oleh:
HansYogi
Bacaan 2 menit
Dilihat :
334

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait