Wajar Gak Sih, di Usia Saya yang 30 Tahun Ini Justru Makin Merasa Kesepian?

Bacaan 2 menit

Masuk kepala tiga kenapa rasanya jadi makin ngerasa kesepian ya? Warga ngalamin hal yang sama juga gak? Padahal udah punya istri di rumah tapi tetep aja kayak ada sesuatu yang kosong dalam diri sendiri. Ngeliat temen udah pada sibuk masing-masing, rutinitas juga paling cuma pulang-pergi kantor, kalo weekend ya di rumah goler-goleran doang.

Kalo ngeliat data ternyata di zaman sekarang kesepian ini jadi fenomena manusia modern yang banyak dialamin orang-orang di usia saya. Walopun teknologi udah canggih, kita bisa videocall, kirim pesan, main sosial media, dan pake teknologi-teknologi lain yang memudahkan buat interaksi sama orang lain, justru rasa kesepian tersebut makin terasa.

Masalahnya, rasa kesepian ini bisa ganggu kesehatan fisik dan mental juga, dari mulai tidur jadi tidak nyenyak, sering merasa cemas, sampe depresi yang bisa memicu (amit-amit jangan sampe ya pak) buat mengakhiri hidup. Bahkan dari penelitiannya sendiri juga bilang kalo kesepian ini jadi salah satu faktor penyebab kematian dini, presentasenya mencapai 26% lebih besar dari obesitas.

Faktor-faktor penyebabnya sendiri biasanya karena kita ngerasa gak puas dalam menjalani kehidupan, mau itu di pekerjaan, hubungan dengan orang lain, atau diri sendiri. Selain itu juga emosi yang bapak punya lebih sering diombang ambing di usia kepala tiga saat ini karena berbagai macam masalah mulai berdatangan mau itu di pekerjaan, hubungan dengan orang tua, atau lingkungan sekitar.

Mungkin beberapa orang punya caranya sendiri buat ngadepinnya, tapi kalo saya mulai dari nyoba buat interaksi sama tetangga yang ada di sekitaran rumah pas weekend, jadi gak cuma goler-goleran doang di kasur. Kalo ke istri juga saya mulai munculin lagi kebiasaan-kebiasaan waktu pas masih pacaran, kayak chattan kalo lagi gak di rumah, hangout tiap weekend, atau sekedar ngobrol banyak hal di rumah ketimbang tidur seharian. Buat nambah kenalan, saya juga mulai ikut komunitas olahraga, kegiatan warga di lingkungan rumah, sampe ikut kegiatan bareng warga bapak2ID yang suka di share di akunnya mereka.

Setelah coba hal-hal tadi rasa kesepian saya udah mulai keisi penuh dan lebih berwarna. Banyak cerita dan denger cerita orang lain ternyata bikin saya jadi hidup kembali.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
45

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait