Waktu Gak Berasa Udah 2 Jam Pas Ngerjain Sesuatu ? Flow State itu, Pak!

Bacaan 1 menit

Pernah gak pak, lagi ngerjain sesuatu dan bapak sangat absorbed dengan apa yang bapak kerjain? Itu namanya Flow State. Ini adalah suatu kondisi dimana bapak gak ngerasain waktu udah berjalan lama ketika ngerjain suatu aktifitas. Flow State adalah suatu konsep dimana kita bisa fokus. Flow State ini ternyata lebih dari sekedar berkonsentrasi atau merhatiin sesuatu secara seksama. Psikolog menjelaskan flow state ini sebagai suatu keadaan mengenai kesadaran yang berubah, dengan beberapa ciri yang menonjol.

Orang-orang yang berada dalam Flow State

Pertama-tama, orang orang yang berada dalam keadaan Flow State ini bisa mengerjakan suatu pekerjaan secara effortlesly alias mudah banget mengerjakannya. Bagi orang-orang yang sedang dalam keadaan flow state ini, waktu tuh tiba-tiba lewat begitu aja. Dan mereka ga mudah keganggu ato kedistraksi sama sesuatu. Sangat berlawanan sama orang yang suka menunda-nunda sesuatu alias Procrastinator. Mereka juga cenderung mengurangi perasaan khawatir atau menghakimi diri sendiri, jadinya otak mereka bisa lebih encer dalam proses kreatifitas. Mereka juga bisa merasakan satu kesatuan dan menjadi satu dengan apa yang mereka kerjakan, jadinya kinerja mereka sangat tinggi.

Kunci biar bisa masuk Flow State

Harus bisa nyeimbangin kemampuan (skills) yang kita punya sama tantangan (challenges) yang kita berani ambil. Kalo suatu aktifitas atau pekerjaan terlalu mudah, kita akan mudah terdistraksi dan cepet bosan dengan aktifitas itu. Dan sebaliknya, kalo terlalu susah, kita malah jadi patah semangat. 

Beberapa tips lain mengenai Flow State bisa bapak liat di video ini:

Balik lagi di Flow State ini, bapak begitu absorbed dalam suatu aktivitas sehingga waktu tuh gak berasa, bapak ngerasa bahagia dan sangat senang dengan apa yang bapak lakukan. Intinya, kek bapak punya dunia bapak sendiri.

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 1 menit
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait