Yang Adik harus pertimbangkan ketika lanjut S2 sambil kerja

Bacaan 3 menit

Halo adik-adik yang baru bekerja! Memulai karier baru pasti menyenangkan, namun tak jarang juga ada yang merasa ingin melanjutkan pendidikan S2. Namun, bagaimana cara menjalani karier dan pendidikan S2 secara bersamaan? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Adik menentukan prioritas dalam menjalani karier dan pendidikan S2:

1.      Tentukan tujuan pendidikan S2. 
Nahh coba Adik pikirin lagi apa yang ingin Adik capai dengan melanjutkan pendidikan S2? Apakah ingin meningkatkan kemampuan di bidang yang sama atau justru ingin berganti bidang? Tentukan tujuan pendidikan S2 Adik agar lebih mudah menentukan prioritas.

 

2.      Bicarakan dengan atasan dan rekan kerja. 
Jika Adik berencana melanjutkan pendidikan S2 sambil bekerja, sebaiknya bicarakan dengan atasan dan rekan kerja Adik terlebih dahulu. Mereka bisa memberikan saran yang berguna dan mengetahui kebutuhan perusahaan terkait dengan kemajuan karier Adik. Apalagi mereka juga mungkin tahu beban kerja adik seperti apa, belum lagi mereka bisa saja punya pengalaman yang sama ye kan.

 

3.      Tentukan waktu yang tepat.
Apakah Adik lebih nyaman belajar malam hari? Atau justru lebih suka belajar di akhir pekan? Ini penting banget, soalnya bisa pengaruhin jadwal lain dan kinerja di tempat kerja.

 

4.      Buat rencana belajar yang teratur. 
Jadwal yang teratur ini sangat penting, belum lagi kalau adik akan mengerjakan tugas dan tugasnya secara berkelompok. Biar ga biyuung, buat rencana belajar yang teratur agar lebih mudah mengelola waktu belajar dan bekerja. Buat jadwal belajar mingguan atau bulanan, dan pastikan untuk mengikutinya.

 

5.      Carilah dukungan dari orang terdekat. 
Menjalani karier dan pendidikan S2 secara bersamaan pasti tidak mudah. Carilah dukungan dari orang terdekat seperti keluarga atau teman dekat agar lebih mudah menjalani kedua hal tersebut. Apalagi buat adik yang masih bujang coba di beri pengertian dulu ke calonnya ihiiy.

 

6.      Tentukan budget yang tepat. 
Melanjutkan pendidikan S2 pasti membutuhkan biaya yang cukup besar. Buat budget yang tepat agar tidak mengganggu keuangan Adik saat menjalani karier dan pendidikan S2 secara bersamaan. Pertimbangkan juga kemungkinan mengambil beasiswa di kantor atau tempat lain untuk membantu mengurangi beban finansial

 

7.      Jangan terlalu banyak memikirkan hasil. 
Meskipun memikirkan hasil adalah hal yang wajar, jangan terlalu fokus pada hasil yang akan Adik dapatkan. Fokuslah pada proses belajar dan berusaha sebaik mungkin, hasil akan datang dengan sendirinya.

 

8.      Jangan terlalu banyak mengambil tanggung jawab.
Menjalani karier dan pendidikan S2 secara bersamaan pasti membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Nah adik harus pinter-pinter ni dalam mengambil peran dan tanggung jawab di masing-masing tempat. Adik harus kenal dengan diri adik mampunya seperti apa, jangan sampai nanti adik jadi sakit dan semua jadi berantakan jadi biyuuung. fokus pada yang terpenting saja.

 

9.      Jangan lupa mengambil waktu untuk rehat. 
Menjalani karier dan pendidikan S2 secara bersamaan pasti membuat Adik cepat lelah. Jangan lupa untuk mengambil waktu rehat agar tidak terlalu lelah dan bisa menjalani kedua hal tersebut dengan sebaik mungkin.

 

10.  Jangan terlalu banyak membandingkan dengan orang lain. 
Ini nih dik, harus di ingat bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan kecepatan belajar yang berbeda-beda. Jangan terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain, fokuslah pada diri sendiri dan usahakan sebaik mungkin.

 

Dengan menentukan prioritas yang tepat, Adik dapat lebih mudah menjalani karier dan pendidikan S2 secara bersamaan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman dan jangan ragu untuk mencari alternatif biaya pendidikan yang lebih terjangkau jika dana yang tersedia tidak cukup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Adik yang berencana melanjutkan pendidikan S2 sambil bekerja. Selamat belajar dan bekerja!

 

 

Ditulis oleh:
Greg
Bacaan 3 menit
Dilihat :
351

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait