Yang Bapak Bisa Lakuin Biar Nggak Gampang Kena Hoax

08 Nov 2022

Hoax atau kabar bohong emang meresahkan kita semua. Zaman yang makin maju, bikin sumber informasi jadi cepet banget dan bisa nggak terkendali. Enggak cuman orang dewasa, anak muda bahkan anak-anak juga bisa aja jadi korban dari hoax. Sosmed jadi salah satu sumber kabar bohong yang banyak beredar.

Buat ngindarin diri kita dan keluarga dari simpang siur berita yang beredar, yuk pak lakuin ini biar enggak gampang kena hoax!

Jangan gampang percaya
Ketika bapak atau adik dapet kabar yang lagi viral, coba deh buat skeptis dan enggak gampang percaya. Cari tau dengan memvalidasi semuanya. Apalagi dengan makin banyaknya informasi yang kita dapet, makin gede juga kemungkinan buat kita kegocek itu informasi. Makanya, prinsip pertama yang harus dipunya adalah buat enggak gampang percaya ketika baca suatu berita atau info yang didapet dan belum bisa dipastiin kebenarannya.

Cek dari banyak sumber
Zaman makin maju berarti sumber informasi yang bisa kita cari makin banyak. Jangan sampe kita gampang kemakan hoax karna cuma percaya sama satu sumber doang. Setelah nggak gampang percaya pas dapet informasi, validasi dengan cek dan cari dari sumber lainnya juga penting pak. 

Kalo nemu berita yang bikin enggak yakin kebenarannya, coba cari dari sumber lainnya selain dari sumber yang dibaca pak. Bisa cari di portal berita, sosmed, atau sumber lainnya yang bisa dicari di internet atau media lain.

Jangan kemakan judul
Hal yang paling sering ditemuin di berita-berita palsu yaitu judulnya yang beda sama isi artikelnya. Kalopun bukan berita, biasanya bakal ngasih judul yang di luar nalar. Makanya, biar enggak gampang kemakan berita bohong, yang bisa bapak lakuin yaitu dengan enggak kemakan judul-judul yang clickbait, aneh, atau gak jelas. Jangan sampe deh ya pak gampang percaya gara-gara baru baca judulnya doang!

Perhatiin tanggal artikel
Artikel yang mengandung hoax biasanya bakal diproduksi ulang dari tanggal berita aslinya pak. Kaya gini emang sengaja dilakuin sama para penyebar hoax buat ngegocek orang-orang yang enggak teliti dan emang tujuannya buat bikin rame doang. Saran saya biar kagak gampang kegocek, coba perhatiin tanggal artikel terbit sama tanggal di share-nya. Coba cek berulang tanggalnya ya pak.

Jangan asal share
Saya setiap ngeliat sesuatu yang rame di sosmed selalu bilang “Gak semua hal yang ada di sosmed harus langsung di share.” Beneran ya pak, dengan berpegang teguh sama kalimat tadi, saya enggak gampang buat share sana sini, forward ke berbagai grup demi validasi kebeneran infonya terlebih dahulu.

Dengan nahan diri buat enggak jadi yang paling cepet ngebagiin, bukan berarti bapak ketinggalan kok. Daripada salah ngasih info dan malah menyesatkan. 

Hoax sebenernya bisa kita minimalisir dari diri sendiri dulu sebelum makin nyebar dan meresahkan. Bayangin, kalo kita sama-sama lawan hoax, pasti yang ngebikinnya juga bakal nyerah sendiri. Yuk, sama-sama kita lawan berita bohong pak!

Ditulis oleh:
Nasuha
08 Nov 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait