Yang Bapak Harus Persiapkan Kalau Bapak Selamat Dari Layoff

08 Nov 2022

Beberapa waktu belakangan, adaaa aja kabar perusahaan yang ngurang-ngurangin karyawannya. Bahasa kerennya mah lay off.

Mungkin perusahaan Bapak termasuk salah satunya. Sebagai karyawan, kalo perusahaan udah nunjukin tanda-tanda bakal ngurangin karyawan, pilihannya emang cuma dua. Kena lay off atau selamat.

Kalau Bapak termasuk yang selamat, sebenernya ada beberapa hal yang tetep kudu Bapak siapin. Setidaknya ada 5 hal yang perlu Bapak siapin dan pikirin setelah selamat dari lay off :

 

1. Mental Untuk Survivor Guilt
Mungkin gak banyak yang bahas tentang ini. Sebenernya, setiap perusahaan melakukan PHK, semua pegawai bakal kena dampaknya. Khususnya dampak secara mental. Dan yang kena dampak ini bukan cuma yang kena lay off, yang selamat pun bisa kena mental juga.

Biasanya, yang selamat bakal ngerasa iba sama temen-temennya yang kena lay off. Abis itu, perasaan iba ini berubah jadi rasa bersalah. Dan rasa bersalah ini emang nggak enak banget.

Kalo Bapak sekarang lagi ngerasain perasaan bersalah ini, ganapa Pak. Normal dan wajar banget. Yang penting Bapak gak larut dalam perasaan bersalah tersebut dan tetep bisa beraktivitas kaya biasa. Kalau perasaannya mulai mengganggu, Bapak bisa coba cerita ke orang yang Bapak percaya atau ke profesional, ya Pak.

 

2. Perbarui CV
Meskipun Bapak udah selamat dari lay off, gak ada salahnya buat mulai update CV atau profil LinkedIn lagi. Misalnya dengan mencantumkan kerjaan Bapak saat ini di CV terbaru atau profil LinkedIn Bapak.

Jadi, kalau ternyata ada gelombang lay off berikutnya, Bapak udah lebih siap. Atau malah, Bapak dapet tawaran yang lebih menarik dan menjanjikan. Gak ada salahnya kan Pak?

 

3. Jaga Silaturahmi
Meskipun kehidupan lagi agak gak pasti, bukan berarti Bapak ga bisa jaga silaturahmi. Justru momen ini jadi momen yang tepat buat Bapak jaga komunikasi sama teman dan koneksi Bapak.

Barangkali, dengan jaga silaturahmi ini, Bapak malah ketemu kesempatan yang menarik. Atau yah... seenggaknya, Bapak jadi tahu mesti hubungin siapa atau ngasih CV Bapak ke siapa kalau amit2 suatu hari Bapak malah kena PHK. 

 

4. Cari Kerjaan Sampingan 
Bapak juga bisa jadiin waktu ini sebagai awal Bapak kerja sampingan. Cari aja kerjaan sampingan yang Bapak suka dan gak terlalu ngambil banyak waktu Bapak. Hasil dari kerja sampingan ini lumayan bisa buat tabungan atau sumber pendapatan tambahan.

Dan siapa tahu Bapak malah lebih berbakat di usaha sampingannya. Terus Bapak betah dan usaha Bapak makin lancar. Siapa tahu kerjaan sampingan itu bisa Bapak seriusin dan makin berkembang. Siapa tahu kan?

 

5. Tabungan
Sebenernya sih, gak harus tunggu PHK buat nabung. Usahain bener Bapak selalu punya tabungan atau dana darurat. Jadi kalau ada keadaan mendesak atau apa, Bapak gak pusing-pusing lagi.

Jangan ngandelin uang PHK sebagai dana tabungan atau darurat ya, Pak. Karena bisa jadi kompensasi dari lay off gak seberapa gede. Sementara pan Bapak tetep mesti menjaga kehidupan selama beberapa waktu.

 

Nah itu pak yang mesti Bapak siapin kalo selamat dari lay off. Soalnya biasanya kan lay off tuh datengnya bergelombang gitu. Jadi, abis gelombang pertama, bisa aja ada gelombang kedua juga.

Mangkanya, kalau Bapak selamat dari gelombang pertama, bukan berarti Bapak bisa leyeh2. Justru Bapak musti lebih prepare biar ga bingung dan kelimpungan kalo amit2 ada gelombang susulan.

quote

Semoganya sih kaga ada lay-off2an ya, Pak. Semoga juga rezeki Bapak dan keluarga lancar selalu

Ditulis oleh:
Runa Aviena
08 Nov 2022
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait