Yang Bisa Adik Fresh Graduate Lakukan Agar Segera Dapat Kerja

23 Nov 2022

Setelah lulus kuliah, penginnya sih langsung kerja. Abis itu nabung, terus ngelamar cem2an Adik deh. Abistu nikah. Aih indah benerrr!!

Tapi setelah dijalani, ternyata dapet kerjaan sesuai impian tuh gak mudah. Jangankan buat lamar cem2an, lamaran kerja Adik aja masih belum ada yang lolos2 nih. Terus musti gimana?

Kalau Adik masih berjuang, ada beberapa tips nih yang bisa Adik2 coba lakuin. Barangkali, salah satunya bisa work dan Adik bisa segera dapat kerjaan impian.

 

1. Jangan malu nanyain lowongan ke temen yang udah kerja di suatu perusahaan. Adik pasti punya beberapa teman yang udah duluan dapet kerjaan. Gak ada salahnya buat minta tolong sama temen tersebut. Siapa tahu, perusahaan tempat teman tersebut bekerja juga lagi punya lowongan yang cocok sama Adik.

Di samping itu, ada banyak perusahaan yang punya sistem referral atau rekomendasi. Jadi, Adik, teman Adik, dan perusahaan sama-sama dapat keuntungan.

Ohya, sistem referral ini bukan berarti Adik dapat akses orang dalem trus jadi gampang lolos ya. Meskipun Adik dapat referral, pada akhirnya tetap kualitas Adik dan kebutuhan perusahaan yang jadi pertimbangan.

 

2. Benerin CV sekaligus minta review ke temen yang udah berpengalaman apply kerja. Bisa jadi, salah satu sebab Adik belum dipanggil2 karena CV Adik masih kurang menarik. Mungkin terlalu banyak informasi yang gak perlu atau kurang informatif.

Selain minta review, Adik juga bisa minta CV temen Adik sebagai contoh buat benerin CV. Mudah-mudahan abis ini Adik bisa keterima kerja atau dipanggil interview. Amiinnn....

 

3. Kalo emang dapatnya kesempatan magang ambil aja. Sebagai lulusan baru, udah pasti Adik kalah pengalaman sama job seeker lawas. Tapi sebenernya, ini kesempatan yang bagus juga. Sebagai fresh graduate, Adik bisa lebih bebas buat apply jadi karyawan magang.

Sebenernya, jadi karyawan magang bukan hal yang buruk juga. Adik bisa belajar lebih banyak sebelum bener2 terjun ke dunia kerja. Dan biasanya, karyawan magang punya tanggung jawab yang lebih ringan dari karyawan tetap.

Lagipula, kadang emang harus mulai dari nol. Barang kali, kalau kerja Adik bagus dan oke, Adik bisa diangkat jadi karyawan tetap. Kan mantapp..

 

4. Benerin profil di LinkedIn sekaligus sering2 main disana. Ada banyak hal yang bisa di-explore dari LinkedIn sebenernya. Dari mulai bagusin profil LinkedIn, update pengalaman magang atau bootcamp, nampilin portofolio, sampe bikin konten sesuai keahlian Adik.

Jangan lupa juga buat perbanyak koneksi di LinkedIn. Biar siapa tahu, rejeki Adik masuknya lewat LinkedIn. Namanya rejeki pan gak ada yang tahu bakal masuk dari mana, jadi usahain semua channel yang Adik punya dioptimasi dengan baik.

Mudah-mudahan gak lama dari ini, Adik bisa cepetan dapet panggilan kerja ya, Dik. Aamiinnn....

quote

Kerja sama jodoh kadang emang mirip, Dik. Ketemunya susah, tapi sekalinya dapet, klop beneeerrr...

Ditulis oleh:
Runa Aviena
23 Nov 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait