Yang Bisa Bapak Ajarin Buat Anak di Bawah 7 Tahun Pas Lagi Main ke Rumah Temennya

21 Oct 2022

Namanya anak ya, Pak. Kadang suka penasaran sama ini itu. Apalagi pas main ke rumah temennya. Saya suka takut anak saya nyamain kaya di rumah. Pegang-pegang barang, minta makan, atau malah berebut mainan.

Biasanya, yang begini ini kalo anak Bapak belum 7 tahun umurnya. Tapi tenang aja, Pak. Justru karena anak Bapak masih kecil, ini waktu yang tepat buat ngajarin anak Bapak soal tata krama bermain ke rumah teman.

Kalau Bapak bingung gimana mulainya, barangkali beberapa tips ini bisa Bapak coba:

 

1. Ajarin anak buat bersikap sopan selama bertamu. Bicaranya harus baik, gak teriak-teriak. Ajarin juga untuk salim sama om tante yang ada di sana. Tapi kalo anak gak mau salim jangan dipaksa ya, bisa jadi anak masih malu atau takut ketemu orang baru.

 

2. Jangan main pas waktunya tidur siang. Kadangan kita juga ngerasa gak nyaman kan ya Pak, kalo anak kita disamper pas lagi mau tidur siang. Biasanya nih kisaran jam 1 sampai jam 3 siang.

Mata udah leyep-leyep sebentar lagi merem, lah datang temennya neriakin anak kita buat ngajak maen. Terus paduan suara depan rumah, “Andiiin... Andiiinn... maen yukk..."

Belom lagi sambal gedor-gedor pager depan. Beuh.

Nah, maka dari itu kita juga sama. Anak jangan dibolehin maen ke rumah tetangga di jam-jam segitu. Mending di jam segitu kita ajak anak buat istirahat ya Pak, barang sejam dua jam. Abis itu boleh maen dah nyamper temennya.

 

3. Cuma boleh main di ruang depan, gak ikut-ikut masuk ke kamar. Kecuali kalo emang disuruhnya main ke kamar. Itu pun gak boleh main di atas tempat tidur. Main cukup di lantainya aja.

Kita kasih pengertian kalo kasur itu tempat buat istirahat. Kalo injek-injek kasur rumah orang itu gak sopan dan bisa bikin berantakan, belum lagi kalo kakinya kotor. Kasihan orang rumah yang udah beresin.

 

4. Jangan geratakin barang. Anak-anak itu rasa ingin taunya tinggi banget. Penasaran pegang ini itu. Kalo pas Bapak lagi dampingin sih enak ya, bisa langsung dikasih tau. Tapi kalo lagi maen sendiri kadang kecolongan aja gitu pan ada yang tetiba ngacak-ngacak barang yang bukan lagi dimainin.

Biar anak gak geratak, kita bisa sounding dan briefing sebelum main “Nak, kalo mau pegang sesuatu tanya dulu sama temenmu atau om dan tante disana ya, ini boleh dipegang atau dimainin gak?”

 

5. Menahan untuk gak minta sesuatu. Penting banget buat ajarin anak gak banyak minta sesuatu pas lagi main, entah minta minum, cemilan, nyalain tv, apalagi sampe buka kulkas yang punya rumah.

Perlu juga pastiin anak Bapak udah makan dulu, jadi bisa nolak kalo ditawarin makan. Biar gak jadi kebiasaan. Semisal rumah deket, bisa pulang dulu kalo anak Bapak mau sekedar minum atau pipis.

 

Meskipun keliatannya sepele, penting banget buat ngajarin perkara gini ke anak. Supaya nantinya, anak Bapak kenal yang namanya batasan. Atau bahasa kerennya boundaries. Jadi, anak tahu mana area privat rumah dan mana area tamu.

Selain ngajarin anak cara bertamu, anak juga bakal belajar buat nerima tamu. Kaya misalnya, dia jadi belajar kalau temennya main ke rumah, dia gak boleh ajak temennya masuk kamar. Apalagi sampe masuk kamar Bapak sama istri.

Kalau Bapak punya tips lain, boleh banget kasih tau saya juga, Pak!

quote

Meskipun keliatannya sepele, penting banget buat ngajarin perkara gini ke anak. Supaya nantinya, anak Bapak kenal yang namanya boundaries.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
21 Oct 2022
Dilihat :
60

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait