Yang Bisa Bapak Lakuin Kalo Merasa Kesepian Setelah Menikah

22 Aug 2022

Waktu masih bujang, saya kadang mikir kalo nikah itu enak. Ada teman hidup berbagi suka duka. Jadi pasti saya gak akan kesepian lagi. Tapi ternyata saya salah, Pak. Nikah gak ngebuat rasa kesepian saya ilang begitu aja.

Apalagi kalau nikahnya udah belasan atau puluhan tahun. Kesepian mah ada aja, Pak. Tapi bukan berarti gak ada yang bisa lakuin. Saya kadang suka ngerasa kesepian. Nah, ini yang biasa saya lakuin, kali aja bisa work juga di Bapak.

 

Perbanyak ngobrol sama istri. Kalau setiap pulang kerja, Bapak langsung makan, mandi, terus tidur, wajar banget kalo ngerasa kesepian. Karena bisa jadi, bapak ngerasa selama ini gak ada tempat berbagi. Padahal mah ada, cuma bapaknya yang suka lupa cerita ke istri.

Kalau selama ini Bapak kaya begitu, coba deh perbanyak ngobrol sama istri Bapak. Gak harus topik yang serius, Pak. Ngobrol random aja. Bapak bisa cerita kejadian di kantor, di perjalanan pulang, atau bahkan di depan pintu tadi. Misalnya Bapak nyaris nginjek si Meng pas mau turun dari kendaraan.

Istri Bapak seneng banget denger Bapak cerita-cerita kek gini. Tanya juga kegiatan istri gimana. Selain ningkatin bonding sama istri, ngobrol random gini juga bikin Bapak dan istri gak saling ngerasa kesepian.

 

Nostalgia masa lalu. Udah nikah berapa tahun, Pak? Malu yak kalo romantis2an lagi gitu? Kek awal pacaran... apan lucu ya, Pak?

Tapi sebenernya gak usah malu, Pak. Biar kata umur sudah gak muda, Bapak sebenernya masih butuh merasa disayangi dan menyayangi orang lain. Kalau Bapak bingung mulainya, bisa coba dari liat video atau foto-foto nikah dulu. Liatnya berdua sama istri yak!

 

Bikin agenda pacaran. Saban hari, saya ajak istri saya buat ketemuan di luar abis pulang kantor. Anak-anak titipin dulu aja sama mertua, Pak. Apan kaga sering-sering yak, jadi ganapa. Kata istri saya, dia seneng banget. Rasanya kaya jaman pacaran, ada degdegan-nya juga.

Degdegan dan happy ini penting banget, Pak. Jadinya hidup rumah tangga juga lebih berwarna. Dan perasaan kesepian juga berkurang. Soalnya bapak jadi inget lagi kalo ada orang yang bapak sayang dan menyayangi bapak. Adem benerr...

 

Coba hobi baru. Bisa jadi, perasaan kesepian ini dateng karena rutinitas yang monoton bertahun-tahun. Saban hari ngerjain itu-itu aja, ketemu dia-dia lagi, kan bosen yak.

Nah, makanya bapak bisa coba hobi baru. Atau cobain ketemu teman lama atau keluarga. Jangan nolak mulu atuh pakk... Kalo gak works juga, coba sediain waktu buat me time. Bisa jadi diri bapak kesepian karena jarang ngobrol sama diri sendiri.

 

Jaga kesehatan fisik dan mental. Makan yang bergizi dan olahraga cukup juga nggak kalah penting. Istri saya suka cranky kalau laper, tapi dia sering ga sadar kalo dia itu cranky karena laper. Pusing saya, Pak.

Nah, bisa jadi, bapak kesepian itu karena bapak lagi capek fisik dan mental. Kalau badan dan mental kurang fit, biasanya perasaan sedih dan kesepian rentan banget datang. Jadi, kalau bapak kesepian, coba dicek dulu pola hidupnya beberapa waktu terakhir dah.

 

Pahami bahwa kesepian adalah hal yang wajar. Terakhir, terima aja kalo bapak emang lagi kesepian. Gak usah dirasionalisasi, gak usah denial juga. Terima saja udah.

Bapak sudah nikah dan bapak kesepian tuh wajar banget. Siapapun bisa dan boleh merasa kesepian. Dengan bapak nerima kalau kesepian itu normal, lebih cepat juga perasaan sepi itu memudar.

Begitu pak...

quote

Bapak sudah nikah dan bapak kesepian tuh wajar banget. Jadi terima aja.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
22 Aug 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait