Kita Mesti Ngapain Sih, Pak, Kalo si Dede Lagi Berantem Sama Kakaknya?

03 Jun 2022

Sebenernya berantemnya anak-anak itu wajar kok pak. Bapak kudu paham kapan waktunya ikut campur, kapan waktunya cukup diem aja ngawasin. 


1. Pisahin sampe dua-duanya ngerasa tenang

Kalo berantemnya udah sampe tahap mukul atau ngerusakin barang, itu artinya bapak kudu turun tangan. Langsung pisahin kedua anaknya sampe sama-sama ngerasa tenang. Gak perlu nyari-nyari biang kerok atau nyudutin salah satu anak. Abis itu, kasih kesempatan ke kakak sama adek buat cerita masalahnya dari sudut pandangnya tanpa bapak interupsi.


2. Cari solusi dan sepakat sama konsekuensi

Kalo kakak sama adek udah selesai cerita masalahnya menurut versinya masing-masing, sekarang giliran bapak buat nyimpulin fakta dan konfirmasi perasaannya. Ajak mereka buat diskusi bareng nyari solusi sama konsekuensi. Abis itu buat kesepakatan bareng-bareng dari solusi yang dipilih. Kalo saya biasanya dicatet, jadi kalo-kalo anak berantem lagi, tinggal buka catetan kesepakatan. 


3. Jangan mihak salah satu anak

Punya anak lebih dari satu, bapak kudu bisa ngejaga perasaan mereka. Kalo ada satu anak yang kudu dinasehatin gegara abis ngelakuin kesalahan, sebisa mungkin cari tempat terpisah dari sodaranya. Biarin anak ngejaga harga dirinya dan gak ngerasa dibikin malu di depan sodaranya yang laen. 

4. Bikin peraturan yang adil

Biar adil, ajak anak ngeliat dari sudut pandang yang berbeda. Kek contohnya, kasih paham adek kenapa si kakak sampe mukul adek. Begitu juga si adek kudu dikasih tau kalo mainannya cuma satu, jadi mainnya kudu gantian. Kalo udah sama-sama dikasih paham, bapak bisa ajak anak bikin peraturan main. Biarin anak ikut andil bikin peraturan, ajak mereka diskusi yang bikin mereka sama-sama ngerasa dihargai keberadaannya. Kalo adek atau kakak protes, coba ajak diskusi lagi, apa yang bikin mereka gak setuju sama peraturan yang mau dibikin. Gak cuma pola komunikasi antar sodara yang bisa bapak bangun di sini, tapi juga perasaan saling peduli dan empati sama keadaan. 


5. Tawarkan solusi buat maen bareng

Di antara semua list peraturan yang mau dibikin, bapak bisa selipin solusi maen bareng. Bapak bisa jelasin kenapa main bareng itu lebih seru ketimbang main sendiri. Biar gak cuma omdo alias omong doang, bapak bisa langsung contohin main bareng yang seru. Atau bisa juga nawarin mereka buat main lego atau pretend play kek masak-masakan, polisi-polisian, atau semacemnya yang ngelibatin kerjasama antara kakak sama adek. Seringnya sih anak-anak bakal kepincut buat main kalo ngeliat permainan yang seru. Nah, kalo kakak sama adek udah mau maen bareng, bapak bisa kasih pertanyaan yang merujuk ke statement kayak “Gimana? seru kan maen bareng gini?”.

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
31

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait