Yang Bisa Bapak Lakukan biar Tetap Sejuk Saat Cuaca Lagi Panas

Bacaan 2 menit

Berasa gak pak kalo sekarang cuaca makin gak karuan? Kadang hujan lebat, kadang juga panas yang teriknya menyengat. Beberapa cara ini bisa bapak lakuin kalo cuaca lagi panas biar badan tetep sejuk.

Banyak minum air putih

Bapak pasti tau kalo sebagian besar tubuh bapak terdiri dari cairan. Makanya kebutuhan cairan dalam tubuh harus bapak perhatikan dengan baik apalagi di cuaca panas seperti ini. Soalnya, cuaca yang panas bikin badan jadi gampang ngeluarin keringet yang bisa bikin bapak dehidrasi. Nah, buat bikin badan tetep seger, bapak bisa perbanyak minum air putih walopun lagi gak ngerasa haus. Hindari juga minuman yang banyak gula, kafein, sama alkohol yang malah bikin bapak kena penyakit-penyakit lain kayak diabetes.

Makan buah dan sayur

Buah sama sayur punya cairan sama nutrisi yang dibutuhkan buat bikin badan bapak sejuk lagi. Coba pilih buah atau sayur yang punya banyak air kayak mentimun, semangka, atau pir deh pak biar bisa gantiin cairan tubuh yang ilang pas cuaca lagi panas-panasnya. Dijamin nikmat pas dimakan pak berasa disiram air dingin sebadan.

Kurangi porsi makan berlebihan

Mau cuaca panas atau tidak sebenernya gak dianjurin buat makan dengan porsi yang berlebihan. Apalagi kalo bapak hampir tiap hari makannya gulai kambing sama nasi anget yang justru harus dihindari pas cuaca lagi panas. Soalnya protein tinggi dan porsi yang besar bikin tubuh harus kerja lebih keras buat ngolah makanan di sistem pencernaan, hal ini yang bikin meningkatnya produksi panas dari metabolisme. Udah gitu makan yang berlebihan juga bisa ningkatin suhu tubuh yang bikin bapak jadi makin gampang gerah.

Pakai baju yang nyaman

Pakaian yang bapak pakai juga berpengaruh biar badan tetep sejuk. Pilih pakaian yang lebih longgar dan pendek supaya bisa ngalirin udara dalem pakaian yang bapak pakai biar badan gak berasa gerah. Salah satu rekomendasi bahan yang paling dianjurkan adalah pakaian dari bahan katun soalnya bahan ini bagus buat penyerapan keringat. Pakai juga pakaian berwarna cerah biar bisa mantulin cahaya matahari dengan baik.

Istirahat yang cukup

Kalo bisa, aktivitas yang berada di luar ruangan dibatasi apalagi di siang hari. Mending bapak mulai aktivitas lebih awal di pagi hari atau nunggu di sore hari biar gak kena terik matahari di siang bolong. Kalo gak memungkinkan perhatikan sinyal tubuh yang mungkin bilang ke bapak udah gak kuat, ciri-crinya bisa pusing, pandangan kabur, atau lemas. Mending berhentiin sekarang aja pak dari pada repot.

Cuaca makin gak bisa ditebak bikin bapak harus tetep siap sedia buat ngadepinnya. Kalo salah langkah sedikit aja pasti gak bikin nyaman seharian.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
564

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait