Yang Bisa Bapak Lakukan Sebagai Single Father

Bacaan 2 menit

Hubungan dalam pernikahan memang tidak selalu mulus berjalan. Kadang ada beberapa hal yang membuat hubungan tersebut tidak lagi sejalan dan punya tujuan sama yang membuat bapak harus berpisah. Tapi bukan berarti peran bapak sebagai Ayah sudah tidak lagi diperlukan, hal-hal berikut bisa bapak lakukan sebagai single father.

Peduli pada diri sendiri

Setelah masa-masa sulit bapak perlu lebih memperhatikan diri sendiri. Bapak juga perlu memberi waktu pada diri sendiri untuk menyegarkan pikiran-pikiran yang bisa membuat bapak stress dan overthinking. Meluangkan waktu untuk olahraga, makan makanan enak, membaca buku, sampai menulis jurnal bisa bapak lakukan agar keadaan diri bapak lebih baik.

Beradaptasi dengan keadaan

Jika biasanya kebutuhan bapak dan anak disiapkan oleh istri, bapak perlu membiasakan diri untuk menyiapkannya sendiri. Kalo perlu bapak bisa mulai belajar multi-tasking supaya bisa melakukan 2 hal dalam 1 waktu sekaligus karena peran sebagai ayah tunggal tidak akan mudah.

Jujur pada anak

Anak biasanya akan mulai sadar dengan keadaan yang ada di sekitarnya, jika anak sudah mulai paham ada baiknya bapak jujur pada anak. Beri mereka penjelasan yang membuat mereka bisa mengerti dan memahami bapak. Bukan cuma itu, bapak juga perlu jujur dalam segala hal agar anak bapak bisa sepenuhnya percaya pada bapak.

Pastikan bapak selalu ada untuk anak dimanapun mereka berada

Komunikasi yang baik tentu jadi hal paling penting. Bukan hanya itu, bapak juga perlu membuat anak bapak merasakan hadirnya bapak dimanapun mereka berada. Bisa dengan memberikan mereka barang-barang yang bapak punya saat mereka tidak bersama bapak, melakukan video call setiap hari, memberikan hal yang sangat mereka inginkan dan lain sebagainya. Dengan begitu anak bapak akan merasakan kehadiran bapak kemanapun mereka pergi.

Hal-hal lainnya bisa bapak tonton di video berikut ini.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
200

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait