Yang Bisa Bapak Lakukan untuk Menggali Potensi Anak

Bacaan 2 menit

Di usia-usia emas anak peran orang tua sangat dibutuhkan apalagi untuk menggali potensi yang mereka miliki. Untuk itu, penting agar orang tua memberi kasih sayang dan perhatian yang lebih saat anak di usia 0-5 tahun. Tapi apa yang bisa bapak lakukan sebagai orang tua untuk menggali potensi-potensi yang ada dalam diri anak bapak?

Mendukung penuh untuk mengembangkan potensi di segala aspek

Sebagai orang tua pasti punya banyak kekhawatiran pada anak. Tapi jangan sampai kekhawatiran bapak justru menjadi pembatas antara anak dengan potensi yang mereka sebenarnya bisa kuasai. Misalnya, bapak selalu melarang anak untuk mencorat-coret tembok rumah padahal bisa saja anak bapak punya potensi sebagai pelukis. Yang harus bapak lakukan adalah memberi ruang yang sesuai agar anak bapak tetap bisa corat-coret tanpa harus di tembok.

Tapi jika anak bapak belum terlihat punya potensi apa, bapak bisa membantu mengembangkan beragam aspek yang bisa mereka ikuti, seperti les piano, bernyanyi, basket, memasak, dan lain sebagainya. Dengan begitu bapak bisa melihat sendiri mana yang paling diminati oleh anak bapak.

Arahkan minatnya

Jika bapak sudah tau apa yang sedang diminati anak bapak, arahkan dengan baik agar potensi anak bapak bisa terus berkembang. Umumnya minat anak bapak akan terpengaruh dengan lingkungannya, misal bapak adalah seorang pianis dan istri bapak seorang penyanyi, maka tidak heran jika anak bapak nanti punya minat yang sama di bidang tersebut.

Jadi yang terbaik versi anak bapak

Potensi anak bukan dilihat dari seberapa baik anak bapak dari anak-anak yang lain dengan potensi yang sama. Tapi bapak harus melihat mana potensi terbaik yang anak bapak punya diantara minat-minat yang mereka coba kembangkan dan miliki.

Itulah mengapa pentingnya peran orang tua saat anak memasuki usia emas. Selain anak membutuhkan kasih sayang yang lebih, mereka juga butuh perhatian bapak dan istri untuk menemukan potensi mana yang nantinya bisa mereka kembangkan lebih baik lagi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
145

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait