Yang Harus Bapak Lakukan Saat Istri Mengalami Keguguran

Bacaan 2 menit

Kehadiran anak pasti jadi salah satu hal yang dinanti di keluarga, tapi gak semua kesempatan punya anak cepat datangnya. Ada yang butuh waktu bertahun-tahun, ada yang langsung diberi rejeki anak setelah menikah, ada juga yang harus berjuang menghadapi kehilangan seperti keguguran. Namanya orang tua pasti akan sangat sedih menghadapi keguguran, tapi istri bapak kesedihannya pasti berkali-kali lipat. Buat ngadepinnya bapak perlu tau gimana harus bersikap ke istri di situasi kayak gini.

Jadi ayah siaga

Saat istri mengalami keguguran, pastikan bapak untuk mengutamakan keselamatan istri. Kasih juga penanganan medis terbaik karena saat keguguran bukan hanya fisik yang terguncang tapi mental istri bapak juga. Untuk itu sebelum punya anak, bapak harus udah mempersiapkan finansial yang cukup untuk keperluan medis istri termasuk untuk kejadian-kejadian seperti ini.

Ucapkan kalimat-kalimat yang menguatkan

Perasaan istri saat mengalami keguguran pasti berkali-kali lipat lebih sedih dari yang bapak rasakan. Kadang istri merasa hal tersebut terjadi karena kesalahannya yang tidak bisa menjaga kandungan dengan baik, apalagi kalo anak tersebut sudah sangat dinanti lama sekali. Walaupun istri bapak tau kalo keguguran tersebut adalah sebuah musibah yang gak bisa dihindari, istri bapak juga ingin diyakinkan bahwa apa yang terjadi memang sudah takdir dari Yang Maha Kuasa, untuk itu kalimat-kalimat penguat dari bapak sangat penting dan berperan besar bikin istri menjadi kuat secara mental.

Ubah suasana duka jadi kembali ceria

Setelah ucapan-ucapan penyemangat pasti ada aja momen yang bikin bapak sama istri termenung mengingat kejadian sedih itu lagi, untuk beranjak dari suasana duka tersebut bapak bisa mengubah situasi agar lebih ceria. Bisa dengan mengambil cuti untuk bisa menemani istri kemana pun yang mereka mau, berlibur, memberi waktu sendiri untuk istri atau kegiatan lainnya yang bisa membangkitkan kesenangan kembali.

Beri waktu untuk membicarakan program anak lagi

Gak usah terburu-buru pak, kesehatan istri harus jadi prioritas. Biarin istri tenangin diri sendiri dulu baru obrolin lagi program anak selanjutnya. Kalo ada rejekinya pasti bakal dikasih, tapi kalo belum dan harus nunggu lagi berarti bapak dan istri dikasih lebih banyak waktu buat persiapin semuanya lebih matang pas anak lahir nanti.

Kasih pengertian ke keluarga

Kadang omongan dari keluarga sendiri yang bikin istri tambah stress, untuk itu bapak harus berada di garda terdepan buat nepis hal-hal negatif yang bakal di denger istri, tunjukkin kalo bapak sepenuhnya ada di pihak istri biar istri gak ngerasa sendirian dan merasa bersalah terus-terusan. Kasih pengertian ke keluarga juga biar mereka tau keadaan yang sebenarnya jadi gak mikir hal negatif apa pun ke istri.

Kalo bapak pernah dan lagi dalam keadaan seperti ini kunci biar tetap waras adalah saling dukung satu sama lain, saling nguatin, dan saling yakinin biar gak terus-terusan larut dalam kesedihan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
158

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait