Yang Harus Bapak Persiapkan Sebelum Ikutan Acara Book Fair, Dari Temen Saya Yang Demen Ikutan Event Buku

Bacaan 2 menit

Borong buku di bookfair gitu seru ya Pak? Saya juga ada temen yang hobi bener ikutan bookfair. Nah, kalo bapak juga demen atau pengen demen jajan di bookfair, ada sedikit tips nih pak. Kali aja bermangfaat buat bapak dan keluarga.

1. Siapin budget pak, saking gedenya diskon disana bisa-bisa bapak ga sadar klo kantong bapak udah boncos dan ga ada uang buat beliin daster istri lagi.

Dalam tiap event book fair begitu diskonnya bisa gede banget sampai 70%. Jadi kalau ga diatur batas maksimal belanja di hari itu berapa, bisa-bisa bapak lupa sudah belanja berapa buku.

2. Bawa kantong yang gede atau tas sekalian. Beli buku ga kaya borong baju pak, berat soalnya.

Bapak bakal repot kalau nenteng buku-buku dalam kantong yang beda-beda. Jadi kalau bisa bawa satu wadah yang gede sekalian dari rumah. Biar keliling-keliling standnya nyaman.

Biasanya tiap kita beli bakal dikasih kantong plastik sih sama mas mba yang jagain standnya. Tapi kan yaa kalau bisa kita mah ramah lingkungan yah pak, jadi dari rumah sudah bawa tas dan kantong yang gede duluan. Biar ga nambah-nambah sampah plastik di muka bumi.

3. Usahain pas lagi weekdays pak, kalau weekend rame pisann.

Jadi ceritanya teman saya itu dateng ke Islamic Book fair Jakarta pas lagi weekend, hari minggu kalau ga salah. Terus katanya pas masuk ke lokasinya masya Allahhhhh rame banget.

Pas itu, 60-70% yang dateng itu modelan santri-santri gitu pak. Mungkin mereka lagi kunjungan edukasi kali ya. Ya bagus sih memang. Alhamdulillah acara event buku di Indonesia jadi ramai.

Cuma kita agak kurang nyaman buat keliling dan baca lama-lama di suatu stand. Jadi saya saranin kalau ada book fair di daerah bapak usahain dateng weekdays aja yahh pak.

4. Banyakin beli buku anak pak, mumpung murah ya kan. Apan buku anak mahal-mahal bener ya pak. Jadi pas bookfair bisa bapak manfaatin buat berburu buku anak. Tapi, napa sih buku anak mahal-mahal banget pak?

Kata kenalan saya yang orang penerbit buku anak, alasan kenapa harga buku anak itu mahal-mahal karena bukunya dibikin pakai bahan premium. Soalnya itu buku kan bakal dipegang dan dimain-mainin sama anak kecil, jadi bahannya mesti yang kuat dan awet pak.

Jadi mumpung kalau ada event buku gitu sekalian saja borong buku anak banyak-banyak pak, lumayan buat stok 1 tahun.

5. Pastiin udah makan sebelum datang kesana. Ini penting tapi suka keliwatan nih pak. Padahal kalo ga makan pan kemungkinan bapak jajan di dalem jadi lebih tinggi yak. Dah gitu, stand makanan di sana suka mahal-mahal bener dah. Bisa 2 sampai 3 kali lipat harga biasanya.

Teman saya kemaren beli siomay disana harganya 30rebu pak, padahal porsinya sama dengan harga 10rebu kalau beli di jalanan. Mau nyesel tapi ya gimana wong dia udah kelaperan di dalem.

Apalagi kalo bapak bawa anak, nih. Penting bener buat mastiin anak udah kenyang sebelum ke bookfair. Jadinya pas milih-milih buku, anak kagak cranky karena laper, pak.

Nah itu pak 5 tips ke bookfair versi temen saya. Semoga bermanfaat ya, Pak!

Ditulis oleh:
Runa Aviena
Bacaan 2 menit
Dilihat :
218

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait