Yang harus bapak pertimbangkan untuk membuat garasi yang ideal

Bacaan 2 menit

Akhirnya bapak kesampean juga beli mobil atau bapak emang udah lama beli mobil, tapi bapak parkirnya depan rumah karena ga punya garasi. Kan jadinya ganggu tetangga, pak. Sebelum bapak punya mobil sebaiknya bapak planning dulu gimana desain garasinya. Sebenernya balik lagi ke individu masing-masing mengenai bagaimana garasi yang akan dibuat, tapi berikut ada beberapa poin yang bisa bapak pertimbangkan untuk membuat garasi yang ideal.

Ruang yang cukup

Maksudnya adalah ketika bapak ingin membuat garasi, bapak sebaiknya menyiapkan ruang yang cukup untuk mobil, motor, dan atau sepeda, jalur untuk jalan bapak dan ruang untuk peralatan dan perlengkapan perawatan kendaraan. Biasanya yang seringkali terjadi adalah ruang garasi hanya mampu menampung salah satu kendaraan bapak, katakanlah mobil. Tapi balik lagi, budget yang seseorang punya untuk membuat garasi juga bermacam-macam. Selama mobilnya ga parkir di depan rumah tetangga sih aman, pak.

Manajemen Penyimpanan Barang

Garasi yang ideal mampu menampung berbagai pilihan penyimpanan barang seperti rak, kabinet, toolbox, dan perlengkapan perawatan kendaraan lainnya. Barang-barang di atas digunakan untuk menyimpan barang untuk perawatan kendaraan bapak. Bapak juga bisa masang floating shelves untuk memaksimalkan ruang.

Ventilasi yang baik

Dengan adanya ventilasi yang baik di garasi, suhu akan dapat terkontrol dengan baik dan menghilangkan bau dan asap yang dihasilkan dari kendaraan. Bapak bisa nambahin jendela kecil di garasi atau bahkan exhaust kalo emang dirasa sirkulasi udara di garasinya kurang.

Aksesibilitas

Aksesibilitas ke garasi juga sebaiknya mudah diakses dari rumah bapak. Bapak bisa buat pintu konektor dari garasi ke dalam rumah, kalo emang budget-nya mencukupi. Dengan adanya pintu konektor bapak gak perlu makan waktu banyak untuk bolak-balik dari rumah ke garasi. Dengan adanya kemudahan akses juga bapak bisa ke garasi dengan cepat seandainya (jangan sampe) ada situasi yang darurat.

Keamanan

Kalo yang ini sih udah pasti. Bapak harus mastiin garasi bapak aman dan tidak mudah dimasuki oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi kalo bapak naroh barang-barang selain kendaraan seperti toolbox bapak yang harganya juga lumayan. Bapak bisa nambahin sistem alarm dan CCTV bila diperlukan. 

Pemilihan jenis lantai yang tepat

Lantai yang kuat, tahan lama dan mudah dibersihkan adalah pilihan yang tepat untuk garasi. Biasanya menggunakan beton, epoxy coatings atau interlocking garage floor tiles. Pilihan tersebut bisa membantu bapak memudahkan dalam proses bersih-bersih setelah otak-atik kendaraan bapak di garasi.

Kira-kira itu pak beberapa hal yang bapak bisa pertimbangkan untuk membuat garasi. Kalo ada yang kurang silahkan ditambahin ya, pak!

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
126

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait