Hal Penting Yang Bisa Bapak Ajarin ke Anak Perempuan

24 Nov 2022

Yang punya anak perempuan pasti ngerti rasanya kadang pengen aja manjain melulu. Terus jadi kagak tegaan gitu bawaannya kalo punya anak cewek. Alhasil kadang bapak gak nyadar kalo terlalu ngegampangin cara didik anak cewek. 

Jangan dibiasain gini ya pak. Ntar pas gede, anak cewek bapak bakal susah hidupnya soalnya kebiasaan dimanjain melulu. Anak cewe bisa diajarin value hidup yang bener biar mereka tumbuh jadi cewek strong juga pas gede. Ini nih daftar hal yang bisa bapak ajarin ke anak cewe bapak:

  1. Kerja Keras buat Dapetin Sesuatu
    Kalo pengen dapet sesuatu, apapun itu, kamu kudu berusaha. Ini yang saya ajarin ke anak cewe saya. Tujuannya nih biar dia kegak kebiasaan ngegantungin hidup dari bantuan orang lain. Biar terus berusaha dan semangat buat dapetin sesuatu.

    Dari balita juga saya terapin ajaran kayak gini di kehidupan sehari-hari anak. Contoh sederhana buat diajarin ke anak yang masih kecil tuh ambil makanan atau minuman sendiri. Jadi kalo dia haus, ya kudu ambil minum sendiri. Pengen makan snack, ya siapin sendiri dan kelar kudu beresin sendiri. Tapi bapak kudu siapin lingkungan yg mendukung juga kayak gelas yang gampang diambil sama dispenser yang gampang dijangkau.

  2. Berani Buat Ngomong enggak
    Nah yang ini penting banget, pak. No is a No! Kalo enggak ya enggak. Diajarin belajar nolak dari kecil biar pas gede kagak menye menye gampang iya iya buat hal yang dia kagak suka. Terus juga anaknya jadi lebih ngerti yang dia mau tuh apa. Jadi kagak gampang disetir sama orang lain.

    Cara ngajarinnya buat anak balita tuh ya gampang juga kalo ini. Orang tua juga kudu nerapin No is a No. maksudnya, kalo anaknya bilang ‘enggak’ sama sesuatu, ya udah jangan dipaksa. Kalo dipaksa ya apa gunanya ngajarin dia ngomong ‘enggak’. Konsep ‘enggak’ di kepalanya bisa berantakan ntar. Tapi gimana kalo dia bilang ‘enggak’ buat hal yang positif kayak makan sayur misalnya? Nah ini bapak ibu nya kudu pinter negosiasi. Asal jangan memaksa ya pak.
  3. Mampu Jaga Diri
    Jaga diri sendiri tuh salah satu bentuk survival yang kudu dipunyai semua makhluk hidup pak. Gak terkecuali anak cewek. Malahan karena anak cewek itu lah kudu bisa jaga diri sendiri. Biasanya sih ada orang tua yang ngajarin anaknya bela diri, paling enggak kalo amit-amit ada yang mau jahat sama mereka, anak bisa jaga diri sendiri.

    Tapi bentuk jaga diri kagak cuma bela diri kok pak. Bapak bisa ajarin secara mental dan spiritual juga. Soalnya perkara jaga diri ini kagak melulu dari ancaman fisik, tapi juga ancaman secara psikis. Ada tips sederhana yang diajarin sama temen saya. Jadi dia ngajarin anaknya teriak ‘tolong’ sekenceng-kencengnya. Beneran tuh ngajarinnya disuruh teriak sekenceng mungkin di tengah lapangan. Tujuannya sih kalo di tempat publik dan digangguin orang, dia bisa teriak minta tolong.

  4. Bisa Mengutarakan Perasaan
    Kalo yang ini agak berat pak. Apalagi buat bapak yang anaknya sudah mulai mendekati masa remaja. Kalo pas masih balita kan emosinya gampang. Kayak marah, sedih, senang, kesal. Tapi kalo udah deket deket ABG perasaannya mulai nambah lagi ada galau, terharu, benci, dan lainnya.

    Nah cara gampang ngajarin anak biar bisa ngutarain perasaan tuh ya dengan diajarin mengenali perasaan itu. Ajak ngobrol sering-sering apa yang anak alami dan tanyain gimana perasaannya. Kalo anak bingung sama perasaannya sendiri, bapak bisa bantu kasih label itu nama perasaan apa. Jadi anak kalo mau ngomongin perasaannya bisa lebih jelas.

  5. Mandiri
    Demi membangun generasi ciwi-ciwi strong, bapak bapak kudu ngajarin anaknya mandiri nih. Ngajarinnya bertahap ya pak. Jangan langsung suruh mandiri gitu. Masa masih balita udah disuruh nyari duit sendiri kan jahat namanya. Sesuai umurnya aja.

    Mandiri bisa diajarin dari kecil kok pak. Misalnya ambil minum sendiri, mandi sendiri, siapin makan sendiri, dan lain-lain. Nanti makin gede, tugas buat kemandirian ya makin naik lagi sesuai kemampuan anak. Kalo bapak biasain anak cewek bapak mandiri, dijamin deh bapak kagak akan nyesel pas mereka gede nanti.

    Manjain anak perempuan tuh boleh pak. Apalagi kan banyak yang bilang kalo cinta pertama anak perempuan tuh bapaknya. Tapi bapak kudu inget juga dampak jangka panjang buat anak bapak kalo terlalu manjain. Boleh lah sekali kali dimanjain, asal jangan lupa kalo nanti anak bapak bakal tumbuh dewasa dan bapak gak akan selamanya bisa ada buat dia.

Ditulis oleh:
Girly
24 Nov 2022
Dilihat :
31

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait