Yang Kudu Bapak Pertimbangkan Sebelum Beralih ke Mobil Listrik

14 Oct 2022

Bensin naik lagi nih pak. Kedepannya mungkin ya bakal naik terus harganya. Kalo udah gini kayaknya mending pakai mobil listrik kan ya pak. Tinggal dicolokin listrik aja udah ngeng. Terus karena pajaknya masih digratiskan sama negara juga jadi lebih enak dipake. Apalagi enggak butuh service rutin kayak mobil konvensional. Mana sekarang banyak banget pilihan mobil listrik murah-murah kan. Makin tergiur buat pindah mobil listrik nih.

Tapi sebelum pindah ke mobil listrik, bapak kudu perhatiin juga beberapa pertimbangan berikut ini:

  1. Dananya ada apa engga?
    Emang bener kalo harga mobil listrik yang baru-baru ini muncul cukup murah dibanding mobil konvensional. Baik dari segi harga beli maupun keseluruhan perawatan. Tapi bapak kudu mikir juga kalo belinya pake duit. Nah duitnya ada enggak, pak?

    Kalo ga ada ya jangan maksa. Apalagi kebutuhan pokok lain juga ikutan naik. Pastinya kebutuhan bapak enggak cuma beli mobil listrik doang kan. Jadi kudu dipertimbangkan baek baek ya pak.

  2. Jarak Tempuh untuk Keperluan Sehari-Hari
    Ini yang kudu dipertimbangin juga. Bapak pake mobilnya kemana aja nih, pak? Kalo rute rumah ke kantor, ya pilih jenis mobil yang kapasitasnya memadai. Soalnya mobil listrik sekarang tuh pilihannya banyak banget pak. Dari yang jarak tempuh pendek sampe jauh ada semua. Jadi bapak kudu tau kebutuhan jarak tempuh bapak biar belinya pas sama kebutuhan bapak dan enggak overkill amat.

  3. Kebutuhan Pakai EV Apa?
    Nah selanjutnya, bapak juga kudu tau kebutuhan pakai EV (Electric Vehicles) apa? Buat jemput anak? Buat mobilitas sehari-hari? Atau buat gengsi? Yang buat jemput anak, mobil kelas Cherry atau Wuling bisa lah. Buat mobilitas, punya Hyundai juga lumayan. Kalo mau nurutin gengsi, ya pake Tesla sih pak biar mantep.

    Tapi yang paling penting, bapak kudu paham betul tujuan bapak pakai mobil listrik tuh apa. Pengen lebih ramah lingkungan? Atau pengen menghemat biaya pengeluaran bahan bakar? Jadi ada tujuan jelasnya dalam switching ke EV.

  4. Kapasitas Baterai dan Cara Charging
    Berapa banyak kapasitas baterai yang ada di mobil listrik juga bisa jadi bahan pertimbangan sebelum beli. Ini juga bakal berpengaruh ke jarak tempuh dan berapa lama mobil listrik bisa dipake. Jadi bapak sesuain juga keperluan bapak buat pakai mobil listrik. Sama kalo bisa sih bapak cek tempat charging yang bisa dipake di jalur yang bapak biasa tempuh. Buat jaga-jaga aja kali aja lupa nge charge dari rumah terus bapak kehabisan di jalan. Sekarang beberapa kantor sudah nyediain fasilitas charging spot buat EV jadi mungkin bapak bisa cari tau dulu sebelum mutusin beli.

Terus yang juga perlu bapak pertimbangin kalo beli EV, bapak juga kudu nyiapin dana buat biaya ganti batre. Itu batre gantinya bisa-bisa lebih mahal dari harga mobilnya soalnya. Jadi tiap batre tuh ada kualitasnya pak, nah kalo kualitasnya udah mulai menurun ya kudu ganti dong. Sama kayak handphone yang battery health nya bisa menurun tiap tahun. Bedanya kalo ganti batre handphone mungkin masih terjangkau ya pak. Tapi kalo ganti batre mobil listrik nih yang mahal banget harganya. Jadi kudu dipertimbangin baik-baik ya pak sebelum beli EV.

Ditulis oleh:
Girly
14 Oct 2022
Dilihat :
96

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait