Yang Kudu Disiapin Kalau Anak Udah 6 Bulan dan Siap MPASI

Bacaan 2 menit

Menjelang usia 6 bulan, biasanya udah mulai deg-degan nih buat persiapan MPASI. Apalagi kalau nyiapin MPASI anak pertama. Duuhhh... campur aduk pisan ya. 

Saya juga merasakan hal yang sama. Apalagi jadi Ibu ini gak ada pelajarannya di sekolah dan kuliah. Tanya sana sini, cari sini sana. Ujung-ujungnya jadi bingung sendiri karena ada banyak pendapat.

Nah, daripada bingung dan pusing tujuh keliling, ini poin-poin yang Ibu2 bisa siapkan sebelum anak memasuki usia MPASI.

1. Bekali diri dengan ilmu

Di usia 6 bulan anak, Ibu dipaksa harus mengalami perubahan. Biasanya cukup memberi ASI atau susu formula, anak Ibu kini punya hak juga tuh buat diberi asupan makanan.

Yang bikin deg-degan ialah setiap perubahan pasti penuh dengan ketidakpastian. Ibu jadi menduga-duga apa yang akan terjadi nanti. Apa si kecil mau makan, gimana kalo gak mau makan, dan seabrek pertanyaan yang menari-nari di kepala.

Nah, solusi terbaik menghadapi perubahan ialah dengan ilmu. Ya belajar dari buku Kesehatan Anak dan Ibu (KIA), mencari info di YouTube dan media sosial lainnya, ikut kelas, dan membeli buku resep makanan.

Namun dari semua opsi di atas, kalo boleh ngasih masukan, sebaiknya ikut kelas webinar yang dipandu oleh orang yang kompeten, seperti dokter spesialis anak. Sehingga Ibu2 bisa konsultasi dengan tenang.

Di masa pembekalan ini, Ibu2 bisa tuh menggali tentang kapan jam makan anak yang bagus, makanan apa yang do or don’t, perpaduan makanannya apa aja yang sehat, cara menghadapi anak GTM, alasan anak bisa GTM, alat masak dan saji yang aman dan sehat, dan masih banyak lagi.

2. Siapkan mental kalo ada orang lain yang menyuruh kasih makan anak di umur 5 bulan

Setelah bekal ilmu cukup, Ibu2 juga perlu menyiapkan mental. Sebab Ibu2 masih hidup dengan generasi lama yang memberi makan anak bayi mereka dari umur 4 atau 5 bulan. Beruntunglah bagi Ibu2 yang di lingkungannya gak ada yang seperti mereka ini. 

Sebab generasi lama ini bakal menyuruh Ibu2 buat segera menyuapi anak makan. Biasanya mereka akan mengeluarkan jurus pamungkasnya tuh. Nostalgia masa lalu. Dulu mah anak saya umur 4 bulan udah dikasih biskuit.

Sebagai orang tua, Ibu2 juga harus tegas. Walau kelihatannya anak udah menunjukkan tanda-tanda siap makan setiap kali melihat Ibu dan Bapak lagi makan, tetap jangan diberi makan. Belum waktunya.

Jika yang bersikap demikian orang tua atau keluarga terdekat, edukasi dengan setulus hati. Sampaikan dengan lembut, tapi tetap tegas dalam bersikap. Gak ada toleransi anak makan di bawah 6 bulan.

3. Cari tau cara menghadapi anak GTM dan cara menyikapinya

Biasanya nih anak di awal-awal MPASI lahap bener makannya. Buat Ibu2 jadi sumringah dan bahagia

karena makanan yang susah payah diolah dengan cinta dimakan dengan antusias. Namun, semua anak akan mengalami tahap GTM (Gerakan Tutup Mulut). Kondisi di mana bayi mogok makan.

Berada di fase ini, Ibu2 bisa stress banget. Kesal karena udah masak capek-capek, tapi gak dimakan. Sedih karena melihat anak yang gak mau makan. Takut anak akan sakit.

Untuk itulah dibutuhkan bekal ilmu agar punya referensi saat melewati periode ini. Gak mudah memang. Namun dengan pijakan berupa ilmu, ibu2 setidaknya jadi lebih kalem karena tau harus bersikap gimana.

 

Ditulis oleh:
Runa Aviena
Bacaan 2 menit
Dilihat :
165

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait