Yang Perlu Bapak Lakukan Setelah Serah Terima Rumah Sebelum Renovasi

Bacaan 2 menit

Punya rumah baru rasanya pengen cepet-cepet dihuni dan ngeberesin buat renovasi. Tapi ada baiknya jangan langsung renovasi pak, setelah serah terima rumah bapak perlu ngecek beberapa hal biar kalo ada kerusakan bapak bisa claim garansi rumah bapak ke developer.

Cek Floor Drain Kamar Mandi

Buat ngeceknya, bapak bisa tutup floor drain kamar mandi pake plastik lalu siram dengan air. Setelah itu diamkan selama seharian buat liat ada tidaknya yang rembes atau bocor. Lakukan hal yang sama pada dak rumah bapak.

Cek Keramik pada Carport

Dua penyebab lantai carport retak adalah yang pertama salah pilih keramik. Keramik pada carport ada batas beban maksimum yang harusnya bisa menahan beban mobil. Penyebab yang kedua, kesalahan pada pemasangan antara keramik emang kopong atau salah pada struktur rumahnya. Buat ngeceknya bapak bisa ketok keramik carport satu per satu, kalo ada yang bermasalah bakal ada suara kopong. Kedua bapak bisa cek tes lindes pada keramiknya pake mobil yang lumayan berat, lalu lindes tiap keramiknya.

Cek Tutup Closet

Oknum-oknum tukang seringnya menukar tutup closet bawaan dengan yang lebih murah padahal harga bawaannya sangat mahal. Cara ngeceknya, bapak bisa cari tipe closet yang ada di rumah bapak, lalu bandingkan dengan yang ada di foto pada internet. Nah, disitu bakal keliatan tutup closet yang seharusnya kayak gimana. Bisa juga dites dengan menggoyangkan closet, jika sudah mengencangkan kedua murnya dan jika saat digoyangkan masih tetep goyang maka closet tersebut sudah ditukar.

Cek Tembok

Cara cek yang pertama, soroti tembok pakai lampu atau senter dari pinggir tembok, disitu bakal keliatan kalo ada tembok cekung atau cembung yang ekstrem. Lalu cek juga retakkan pada temboknya, untuk retakkan tembok ada 2, retak struktur yang berbahaya dan retak rambut yang gak bahaya.

Cek brand atau kode material yang dipake developer di rumah bapak

Pengecekkan ini fungsinya kalo bapak mau renovasi bisa gampang cari barang yang sama.

Cek keramik rumah dengan kelereng

Bapak tinggal gelindingi kelereng pada keramik. Normalnya suara pantulan dari kelereng akan terdengar garing dan memantul tinggi jika keramiknya sesuai. Kalo keramik terdengar kopong dan kelereng memantul tidak tinggi maka keramiknya bermasalah, lebih parahnya bisa belendung dan meledak. Lakuin juga pas cek kamar mandi, pastikan kelernya berhenti di floor drain, kalo ada yang nyangkut bakal jadi genangan air dan harus dibenerin.

Yuk, lebih teliti lagi pas beli rumah. Kalo bapak keburu renovasi duluan tanpa ngecek hal-hal tadi, bapak gak bisa claim garansi ke developer.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
210

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait