8 Ide Jualan Makanan Tradisional untuk Market Day yang Udah Jarang Ditemui

Bacaan 4 menit

Kegiatan anak di sekolah sekarang udah banyak dan beragam banget. Salah satu aktivitas yang lagi gencar diadain diberbagai sekolah adalah market day. Apa sih market day ini? Market day adalah acara atau kegiatan yang diselenggarakan sekolah untuk berjual beli atau bertransaksi. Pelaksanaannya sendiri biasa dilakukan di koridor sekolah atau di lapangan yang lebih luas dengan stand-stand yang udah disediain. Biasanya siswa dan siswi sekolah tersebut yang nanti akan bertugas sebagai penjulanya. Yang dijual juga beragam, tapi kalau mau jualan makanan tradisional di market day, berikut ide-ide makanan yang udah jarang ditemui dan bisa diperkenalkan di market day nanti.

Wadai Ipau

makanan-tradisional-untuk-market-day-wadai-ipau

Sumber: cookpad.com

Berasal dari Banjarmasin, makanan khas ini mirip seperti Lasagna yang lebih familiar kita jumpai dimana-mana. Nah, daripada jual Lasagna yang berasal dari negara luar, lebih baik jualan makanan tradisional asal Banjarmasin ini. Soalnya makanan ini udah jarang banget ditemui dimana-mana, jadi di market day bisa jadi ajang perkenalan makanan tradisional dari berbagai daerah. Karena pembuatan Wadai Ipau ini membutuhkan waktu lumayan lama dan proses yang panjang, disarankan buat bikin di rumah lalu bisa dihangatkan di microwave jika ada pembeli yang mau beli, biar makin maknyos pas disantap.

Kue Rambut

makanan-tradisional-untuk-market-day-kue-rambut

Sumber: iStyle.id

Kue Rambut ini masih sering dijumpai di tahun 90-an tapi pamornya makin meredup saat ini. Dulu, saking tenarnya Kue Rambut ini sampai-sampai kita pada saat itu gak tau kalau ternyata makanan tradisional ini adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur. Bentuknya yang unik dengan rasa yang manis tentu bisa bikin anak-anak suka dan ketagihan. Walaupun bentuknya mirip bihun yang digulung, ternyata Kue Rambut ini berasal dari campuran tepung terigu goreng sama gula merah. Cocok banget dijajakan pas market day nanti.

Coba baca ini juga: Ide Jualan Market Day TK-SD Selain Makanan

Blengep Cotot Indramayu

makanan-tradisional-untuk-market-day-blengep-cotot

Sumber: cookpad.com

Makanan tradisioanl lainnya yang bisa dijual di market day ada Blengep Cotot. Bentuknya mirip sama bakpao dan suka dijadiin takjil pas bulan puasa. Rasanya manis karena isiannya pakai gula merah dan kelapa sangrai yang dihaluskan. Karena anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis, makanan tradisional ini bisa dijadikan pilihan untuk jualan di market day nih, cara bikinnya juga mudah banget ini.

Burayot

makanan-tradisional-untuk-market-day-burayot

Sumber: infogarut.id

Masih seputar makanan manis nih, makanan tradisional Burayot ini datang dari Garut, Jawa Barat. Nama Burayot sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya bergelantung. Kalau di tempat asalnya, makanan ini emang dijual dengan digantung di ujung tusukan kayu dengan tujuan biar minyak hasil penggorengan Burayot ini bisa turun, jadi pas makan makanan ini gak bikin seret di tenggorokan gara-gara minyak. Cara buatnya juga mudah, bisa belajar di rumah masing-masing dulu nih. Cukup siapin gula merah, minyak kelapa, kacang tanah, sama tepung beras sebagai bahan dasarnya. Rasa manisnya ini udah pasti cocok di lidah anak-anak yang doyan ngemil.

Clorot Khas Purworejo

makanan-tradisional-untuk-market-day-clorot

Sumber: Pariwisata Provinsi Jawa Tengah

Dari visualnya sendiri makanan tradisional khas Purworejo ini emang jarang ditemui tapi sebenarnya makanan ini cocok banget dijadiin jajanan ringan buat ngemil-ngemil santai. Daun yang mengemas isian Clorot ini menggunakan daun kelapa muda yang dibentuk seperti terompet. Rasa makanannya sendiri manis dan punya tekstur yang kenyal karena terbuat dari tepung beras yang ditambah sedikit tepung kanji, garam, kapur sirih, dan gula merah. Buat cara makannya tinggal tekan bagian janur yang lancip, kemudian kue Clorot tersebut bakal keluar buat disantap. Kalau ngeliat dari visualnya aja udah pasti makanan tradisional ini cukup menarik perhatian jadi bisa banget dijadiin opsi buat jualan di market day.

Urap Jagung atau Grontol

makanan-tradisional-untuk-market-day-urap-jagung

Sumber: cookpad.com

Bikinnya gampil bener ini, karena bahan bakunya cuman jagung doang. Makanan tradisional Urap Jagung atau Grontol ini hampir mirip sama jasuka (jagung susu keju) cuma bedanya, kalau jasuke dibuat dari biji jagung yang direbus terus dikasih topping susu kental manis sama keju, nah kalau Urap Jagung ini terbuat dari biji jagung kering yang diolah sampe biji jagung merekah. Buat penyajiannya sendiri biasanya disajikan dalam mika dengan sendok daun kelapa. Topping-nya sendiri dari kelapa parut, sejumput garam, dan gula kristal.

Es tradisional Indonesia

makanan-tradisional-untuk-market-day-es-tradisional

Siapa anak-anak yang gak demen sama es? Pasti suka semua ini, gak ada yang nolak kalau dikasih. Jenis-jenis es krim tradisional ini pan banyak banget yah, ada es goyang, es serut, es kulkul, es mambo, es potong, dan lain-lainnya yang sering ditemui. Tapi pan seiring berjalannya waktu, es-es tradisional ini udah jarang banget dijumpai, makanya di market day ini bisa dikenalin lagi jenis-jenis es tersebut. Ini bisa jadi alternatif juga biar anak-anak gak jajan es sembarangan yang bahan dasar esnya terbuat dari bahan berbahaya yang bisa bikin anak sakit. Kalau es tradisional ini bahan dasarnya lebih sehat, ada yang terbuat dari buah-buahan beku, sirup, susu, dan bahan lain yang gak berbahaya, intinya masih bisa kita kenali bahan-bahannya, kagak sembarangan.

Kali aja butuh: Ide Bisnis Sampingan yang Modalnya Kecil

Getuk

makanan-tradisional-untuk-market-day-getuk

Kalau di jaman Saya dulu, Getuk ini masih sering ditemui lewat abang-abang yang lewat pake gerobak maupun yang jualan di pinggir jalan. Kalau sekarang kayaknya udah jarang keliatan ya, jadi bisa dijadiin kesempatan nih buat kasih tau anak-anak ada makanan tradisional Getuk ini. Bahan dasarnya dari singkong rebus yang ditumbuk atau digiling sampai halus dan diberi gula juga pewarna makanan yang bikin makanan ini tambah menarik. Biasanya Getuk ini dipakein topping taburan kelapa yang bikin jadi gurih pas dimakan.

Anak-anak juga perlu tau kalau banyak banget makanan tradisional Nusantara yang gak kalah lezat dan mampu bersaing dengan jajanan-jajanan viral saat ini. Makanya ini bisa jadi salah satu cara buat ngenalin makanan-makanan tradisional tersebut ke anak-anak di acara market day ini.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
48

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait