Ide Bisnis Sampingan yang Modalnya Kecil

Bacaan 2 menit

Warga, kebutuhan sekarang makin hari makin naik yak. Penghasilan dari kantor aja sekarang bener-bener empot-empotan kalo gak dikelola dengan baik, bisa-bisa dana darurat gak kepegang kalo empot-empotan terus. Beberapa ide bisnis sampingan ini bisa dipilih soalnya gak perlu modal gede buat mulainya, ya itung-itung buat nambah penghasilan.

Empuk buat dibaca: Cara Menjadi Supplier di Pusat Perbelanjaan

Ngajar private

ide-bisnis-sampingan-ngajar

Kalo pengen ngebagiin ilmu lebih banyak ke orang-orang sembari nyari sampingan, ngajar private bisa jadi pilihan nih. Gak perlu modal banyak, cuma siapin aja materi pembelajaran private-nya sama fisik yang sehat. Soalnya ada aja yang pengen private malem apalagi kalo ngajarin anak yang masih sekolah dan masa sekolahnya udah mau lulus pasti digencer terus tuh sama orang tuanya. Buat per pertemuan bayarannya bisa beda-beda ada yang 75 ribu, 100 ribu, dan seterusnya, atau bisa juga diitung per bulan. Lumayan ini gak perlu modal apa-apa.

Penerjemah

ide-bisnis-sampingan-translator

Cuma modal laptop butut sama mata yang kuat begadang aja nih udah bisa ngasilin duit. Biasanya penerjemah ini bakal nerjemahin buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, film, dan lain sebagainya tergantung kebutuhan client. Apalagi kalo punya kemampuan banyak bahasa, udah pasti nyayur bener soalnya penghasilannya bisa dari 5 juta sampe 10 juta.

Jastip

ide-bisnis-sampingan-jastip

Sekarang lagi rame bener jasa titip barang ini. Udah makin luas juga cakupannya bukan cuma jastip barang dari luar negeri doang, tapi jastip acara-acara gede kayak JakartaXBeauty, Indonesia Outdor Festival, sampe merchandise juga bisa. Gak perlu modal yang gede-gede banget, palingan cuma butuh bensin buat ngangkut-ngangkut barang jastipan sama tol. Kalo ini fee-nya tergantung masing-masing deh sesuain aja sama effort yang udah dikeluarin.

Baca juga mumpung lewat: Ide Jualan Market Day TK-SD Selain Makanan

Sewa handphone

ide-bisnis-sampingan-sewa-hp

Kok sewa handphone? Nah yang belom tau, sewa handphone ini lagi banyak dijadiin bisnis soalnya kadang ada aja orang yang butuh sama hp tersebut tapi emang gak niat buat beli. Biasanya sewa handphone ini kebanyakan dari merk Iphone dan Samsung. Kebutuhannya sendiri seringnya buat dokumentasi-dokumentasi dalam bentuk foto maupun video. Kalo dipasaran harga sewa ini bisa dari 600 ribu sampe sejutaan.

Sport fotografi

ide-bisnis-sampingan-sport-fotografer

Kalo lagi olahraga suka liat kagak, ada yang moto-motoin orang yang lagi lari atau olahraga laen? Nah ternyata mereka bukan cuma iseng foto-fotoin orang yang lagi olahraga, tapi emang ngejualin itu foto-fotonya. Biasanya harga per foto kisaran 50 ribu sampe 100 ribu cuma modal kamera doang ini. Atau bisa juga buka sewa khusus buat pertandingan olahraga, yang kecil-kecilan aja dulu kayak pertandingan futsal kantor atau fun game yang buat seru-seruan tapi tetep pengen punya dokumentasinya.

Sekarang makin banyak sampingan yang gak butuh modal gede, manfaatin aja skill sama barang-barang khusus yang udah lama gak kepake. Jadi dah duit.

Cocok dibaca pas santai: Ide Usaha yang Cocok Buat Nanti Bapak Pensiun

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
104

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait