Alesan Kenapa Lapak dengan Produk Sejenis Letaknya Sering Sebelahan

Bacaan 1 menit

Pak, suka merhatiin gak suka ada lapak pedagang yang jual barang, makanan, atau lainnya yang sama. Contohnya kayak lapak-lapak duren di Kalibata, cat duco di Kramat, dan lainnya. Ternyata ada beberapa alasannya nih.

Menurut teori, dulunya ada orang pertama yang jualan di tempat yang jadi cikal bakal lapak-lapak yang serupa. Sebut aja tokonya dia itu Toko 1. Makin lama itu toko makin terkenal, terus jadi tambah rame. Pelanggan yang dateng juga dari berbagai arah, mau dari kanan atau kiri tetep banyak. Karena yang dateng makin banyak, itu daerah makin terkenal dan muncul dah toko lain.

Sebut aja namanya Toko 2. Letaknya gak deket-deket banget sih, tapi masih sederetan. Toko 2 ini menampung pelanggan yang gak ketampung sama Toko 1. Triknya dia narik pelanggan dari arah yang mana orang-orang males jalan sampe ke Toko 1. Karena itu daerah makin rame dan terkenal, makin banyak juga toko-toko lain yang muncul. Nah, kalo udah rame gini, jarak antar toko jadi gak ngefek. Orang dari mana aja bisa mampir ke toko mana aja, beda sejengkal doang soalnya.

Selain itu juga setiap pedagang punya kesempatan yang sama. Tinggal adu kualitas barang atau jasa aja. Ada yang punya langganan, ada juga yang rugi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 1 menit
Dilihat :
125

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait