Barang-Barang Yang Sebaiknya Ada Di Mobil Bapak

Bacaan 2 menit

Selain memperhatikan kondisi mobil, bapak juga harus perhatikan kondisi di dalam mobil. Biar bapak tenang ketika bepergian make mobil, bapak harus siapin barang-barang yang sebaiknya ada di mobil. Berikut adalah list barang-barang tersebut,

Ban Serep

Ban Serepnya yang kagak gembos. Ban ini juga mesti rutin dicek berkala ya, pak. Ini prioritas karena mengacu kepada UU Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Barang-barang emergency

Maksudnya barang-barang emergency adalah barang-barang yang berguna di saat darurat, contohnya kek APAR, P3K, senter LED, Pemotong seat belt, pemecah kaca, kabel jumper dan reflective triangle (segitiga darurat).

Lap dan Tisu

Selain lap, baik itu lap microfiber dan kanebo. Bapak mesti sediain tisu dan tisu basah (sangat direkomendasikan untuk bapak yang bawa anak kecil). Fungsinya buat ngebersihan bekas makanan, minuman dan noda yang bapak hasilkan ketika makan di dalam mobil.

Perkakas

Kayak kunci pas standar, kunci roda, dongkrak, dan pengukur tekanan ban. Kalo ada budget, beli pompa elektrik yang portable, pak. Kalo ada budget, beli pompa elektrik yang portable, pak.

Manual book mobil

Karena di dalamnya ada banyak keterangan-keterangan yang sangat penting, seperti indikator peringatan yang ada di dashboard, dan FAQ untuk penanganan pertama.

Kartu Flazz

Kartunya yang ada isinya ya, pak. Minimal ada 100k buat perjalan bapak. Biar kaga bolak balik ngisi juga. Tapi bisa disesuaikan juga sama kebutuhan bapak.

Perintilan kecil lainnya

Yang ini bapak suka banget anggap remeh tapi biasanya penting, contohnya kayak payung yang bisa bapak pake kalo tiba tiba hujan pas sampe tujuan. Tempat sampah kecil juga biasanya kelewat, itu bekas tisu, bungkus sedotan plastik sama botol air mineral plastik daripada nyebar begitu di mobil bapak, mending ditaroh di tempat yang seharusnya. Yang terakhir, uang receh bakal ngasih Pak Oga atau mamang parkir yang bapak temuin.

Kalau surat-surat kek SIM dan STNK mah udah pasti harus dibawa ya, biar bapak juga aman, cuma kalau bapak bawa BPKB ini kayaknya yang udah keliwatan. Kira-kira itu pak barang yang sebaiknya ada di mobil. Semoga bermanfaat ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
95

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait