Beberapa fakta seputar makanan yang mungkin bapak belum tau

Bacaan 2 menit

Makan merupakan salah satu kegiatan yang pasti kita jalani setiap hari, tapi bapak tau gak sih, ternyata banyak banget fakta mengenai makanan yang bikin kita "oh, gitu yak ternyata!". Berikut udah saya list, beberapa fakta menarik seputar makanan:

Bentuk Pasta dan Sausnya

Beda bentuk pasta, beda juga ternyata sausnya pak. Contohnya, Fettucini cocoknya sama saus light cream, yaitu butter dan garlic. Kalo spaghetti, cocoknya pake saus seafood, yaitu dengan tambahan boga bahari seperti udang. Angel hair pasta (yang tipis-tipis), cocoknya pake saus tomat.

Kode Warna dari Klip yang ada di bungkus Roti Tawar

Ternyata warna dari Klip plastik yang ada di bungkus roti tawar menandakan hari apa produksi roti tersebut:

  • Biru      : Diproduksi hari Senin
  • Hijau.   : Diproduksi hari Selasa
  • Merah  : Diproduksi hari Kamis
  • Putih    : Diproduksi hari Jum'at
  • Kuning : Diproduksi hari Sabtu 

Hari Rabu dan Minggunya mana, pak? Saya juga belum tau nih, tapi mungkin libur produksinya.

Nutrisi dalam selai kacang

Tadinya selai kacang digunakan untuk pengganti sumber protein pasien yang tidak bisa mengunyah daging. Selai kacang merupakan sumber energi yang cukup seimbang, yang di dalamnya terdapat 3 makronutrien utama, yaitu Karbohidrat, Protein dan Lemak. Tapi untuk disclaimer, selai kacang yang beneran kacang (tanpa pengawet) yang bagus ya, pak.

Expiration date pada Madu

Pernah ada penemuan yang ditemukan arkeolog di Makam Mesir kuno. Isinya adalah pot yang berisi madu. Setelah diteliti, kemungkinan madu tersebut berasal dari 3000 tahun lalu dan masih layak untuk dimakan karena kualitas pengawet alami yang ada pada madu. Mengacu pada salah satu artikel yang mewawancarain sepasang suami istri yang bekerja sebagai beekeeper di Hawaii, Whendi Grad dan Garnett Puett. "Madu akan tetap awet, jika cara menyimpannya benar. Memang benar madu akan menghitam atau mengkristal tapi masih layak untuk dimakan". Mereka merupakan generasi ke-4 beekeeper dalam keluarga mereka. Terus kenapa madu dalam kemasan ada expired date-nya pak? Nah, ternyata untuk madu yang dijual secara komersil merupakan 'penanda' untuk toko agar merotasi madunya dengan stok yang lebih baru. Biasanya kebanyakan madu akan terjual jauh sebelum mendekati expired date-nya. Tapi kalau suatu saat bapak mau beli madu dan udah mau mendekati expired date, tenang aja, pak. Madunya masih layak dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama kok.. 

Enzim pada buah Nanas dan Pelunak daging

Nanas mempunyai enzim bernama bromelain yang dapat melembutkan serat otot pada daging. Cara kerja enzim ini adalah melalui reaksi dengan protein dalam daging dan memecahnya. Enzim ini juga meningkatkan kemampuan daging untuk menyerap kelembapan. Makanya nanas menjadi salah satu pilihan yang seringkali ditemui untuk melunakkan daging. Namun agak tricky untuk menggunakan nanas sebagai pelunak daging, karena kuantitasnya harus tepat, tau berapa lama waktu yang tepat untuk merendam dagingnya, penggunaan wadahnya juga harus tepat (sebaiknya jangan yang berbahan logam).

Seni memotong Sashimi

Di Jepang, cara memotong Sashimi berdasarkan dengan jenis dan tekstur ikannya, dan cara penyajiannya. Cara memotong yang berbeda memberikan rasa dan tekstur yang berbeda juga. Sashimi juga tidak hanya merupakan potongan ikan, tapi krustasea (udang-udangan) juga. Ada dua teknik untuk memotong Sashimi, yaitu Hira-zukuri dan Sogi-zukuri. Biasanya yang sering kita temui adalah teknik hira-zukuri.

Tanpa kita sadari, ternyata fakta-fakta ini menyimpan banyak pengetahuan dan keragaman budaya di balik makanan yang kita nikmati sehari-hari. Mungkin kalo bapak ada fakta lain yang menarik, bisa sharing ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
99

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait