Beberapa hal yang mungkin belum bapak ketahui mengenai Power Nap

Bacaan 2 menit

Mungkin bapak udah sering denger istilah Power Nap, tapi apa bener Power Nap ini beneran banyak manfaatnya? Dan apakah semua manfaatnya beneran valid? Nih pak, biar saya kasih tau.

Power Nap adalah tidur siang yang dilakukan dalam jangka waktu yang sangat singkat, biasanya 10 - 20 menit, dan mempunyai banyak keuntungan di aspek kesehatan dan kognitif.

Terus kenapa kita harus melakukan Power Nap? 

Bapak pernah gak sih siang-siang lagi beraktifitas terus udah ngerasa lelah dan ga produktif? Tenang, pak. Ga cuman bapak, banyak orang yang merasakan kemerosotan energi di siang hari khususnya dari jam 12 sampe jam 2 siang. Power Nap ini merupakan salah satu metode yang dikembangkan secara ilmiah untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja kita. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA (The National Aeronautics and Space Administration) pada beberapa pilot militer yang melakukan Power Nap selama 26 menit, menghasilkan peningkatan pada kinerja sebanyak 34% dan kewaspadaan (alertness) sebanyak 54%. Penelitian tersebut membuktikan bahwa tidur siang dapat membantu kita mendapatkan kembali energi, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan kewaspadaan.

Keuntungan dari Power Nap

Beberapa benefit yang bisa kita dapatkan dari Power Nap diantaranya adalah,

  • Meningkatkan produktivitas
    Tidur siang untuk waktu yang singkat dapat me-recharge tenaga kita dan membuat kita lebih produktif.

  • Meningkatkan mood
    Tidur siang juga dapat meningkatkan suasana hati untuk sementara dan dapat mengurangi rasa frustasi.

  • Meningkatkan daya ingat dan proses pembelajaran
    Beberapa penelitian juga menemukan bahwa Power Nap dapat meningkatkan daya ingat dan proses pembelajaran.

  • Meningkatkan kewaspadaan (alertness)
    Seperti penelitian yang dilakukan NASAPower Nap terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan seorang individu, yang sangat berguna untuk seseorang yang seringkali mengalami kelelahan di siang hari.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai Power Nap

  • Timing
    Timing untuk melakukan Power Nap ternyata juga sangat berpengaruh, sebuah penelitian menemukan bahwa waktu ideal yang untuk melakukan Power Nap adalah sekitar jam 1 siang sampai 2 siang, ketika energi kita mulai meredup. Tidur siang yang dilakukan diatas jam 2 siang dapat mengganggu pola tidur kita di malam hari. Dan idealnya, waktu yang diperlukan untuk Power Nap adalah 20 menit.

  • Perbedaan antar Individu
    Individu yang satu dengan lainnya belum tentu sama. Maksudnya adalah ada yang merasakan benefit dari Power Nap, dan ada juga yang tidak. Dan dampak Power Nap dari tiap orang juga berbeda-beda. Ada yang merasa lebih segar, ada yang tetep ngantuk tapi mood-nya mendingan. Macem-macem deh pokoknya, pak.

  • Efek jangka panjang
    Belum ada penelitian yang meneliti bagaimana efek jangka panjang dari melakukan Power Nap setiap hari. Meskipun Power Nap bisa membantu kita, tapi kalau terlalu mengandalkannya terlalu sering menandakan bahwa ada masalah dengan pola tidur kita, yang tidak terlihat secara gamblang.

Singkatnya, beberapa penelitian ilmiah membuktikan bahwa Power Nap dapat memberikan banyak manfaat, tapi efeknya berbeda-beda dari individu yang satu dengan individu lainnya. Kalo di Jepang, Power Nap ini sudah diterima bahkan dianjurkan. Beberapa perusahaan besar seperti Google Japan dan Coca Cola Japan bahkan punya ruangan tidur siang di kantor mereka. Selain itu, di beberapa stasiun Jepang disediakan "Nap chairs" yang bisa digunakan penumpang yang menggunakan kereta.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
141

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait