Cara Buat Paspor Online Khusus yang Belum Pernah

Bacaan 3 menit

Sebelum Saya kasih tau cara bikinnya, tak jelasin singkat dulu paspor itu apa, siapa tau ada yang belum paham. Paspor itu gampangnya macem KTP tapi dipakenya buat di luar negeri, Pak. Paspor adalah identitas Bapak selama perjalanan dan masuk ke negara orang, yang ngeluarin pemerintah negara kita. Lah kalau Visa, Pak? Visa itu izin masuk atau tinggal ketika Bapak ke negara orang, yang ngeluarin pemerintah negara yang dituju. Paham yah, nah sekarang tak jelasin cara bikin paspornya.

Download aplikasinya dulu

aplikasi-buat-paspor-online

Sekarang udah bisa pake aplikasi yang namanya "M-paspor". Bisa Bapak download di App Store atau Play Store, Pak. Berarti udah gak perlu ke kantor imigrasi lagi dong, Pak? Eits, masih perlu, soalnya aplikasi ini nanti fungsinya cuma buat registrasi awalnya aja. Wawancara sama penyerahan berkas tetap harus dateng ke kantornya.

Kali aja Bapak mau liburan ke Jepang: Trik yang Bisa Dipake buat Ngehemat Uang pas Wisata ke Jepang

Siapin berkas-berkas yang dibutuhin

berkas-dokumen-buat-paspor-online

Buat berkasnya sendiri ada beberapa yang harus disiapin sama Bapak, diantaranya ada KTP Bapak pribadi, paspor lama kalau Bapak dulu udah punya, Kartu Keluarga, dan akta kelahiran, kalau gak ada akta kelahiran bisa diganti buku nikah, ijazah, atau surat baptis.

Bikin akunnya dulu

bikin-akun-buat-paspor-online

Buat bikin paspor online hal yang pertama dilakuin pas buka aplikasinya adalah bikin akun dulu, terutama kalau baru pertama kali. Caranya standar kayak registrasi biasa, masukkin nama, tanggal lahir, alamat, email, nomor handphone, dan bikin password-nya. Pastiin juga pakai email sama nomer yang aktif, soalnya nanti Bapak bakal dapet email buat aktivasi akun Bapak. Nah, kalau udah beres aktivasi, Bapak baru bisa login dah.

Mulai proses pengajuan paspor

pengajuan-paspor-online-lewat-aplikasi

Nah, di sini Bapak bakal disuruh milih, paspor reguler atau percepatan. Bedanya di kecepatan proses sama biayanya, kalau reguler maksimal 4 hari kerja, kalau ekspres satu hari kerja, Pak. Selanjutnya Bapak tinggal ikut alurnya aja. Nanti Bapak bakal diminta milih kantor imigrasi mana yang mau Bapak kunjungi, terus jenis paspor apa yang Bapak pilih, paspor biasa atau elektronik.

Upload dokumen

upload-dokumen-buat-paspor-online

Buat KTP, nanti Bapak bakal disuruh foto langsung dari aplikasinya, sekaligus buat verifikasi NIK. Kalau Kartu Keluarga dan kawan-kawannya, Bapak bisa siapin dulu fotonya terus tinggal Bapak ambil dari galeri aja, kalau mau lebih ringkes. Kalau udah, tinggal lanjut ngisi kuisionernya lagi, Pak.

Ini juga pasti Bapak butuh: Hal Yang Mesti Bapak Ketahui Mengenai Safar

Pilih tanggal dateng ke kantor imigrasi

tanggal-kedatangan-imigrasi-lewat-aplikasi

Kalau ngisi kuisionernya udah beres dan udah Bapak pastiin bener, Bapak tinggal pilih tanggal dateng ke kantor imigrasinya. Tanda yang warna hijau artinya masih ada slot kosong, kalau merah artinya udah penuh. Dilanjutin milih jam Bapak dateng ke kantornya mau jam berapa, ada kuotanya juga ini. Jangan sampe telat ya, Pak.

Biaya dan pembayaran

biaya-buat-paspor-online

Setelah pilih tanggal dan pengisian Bapak finalisasi, tinggal proses pembayaran. Bapak perlu nunggu dulu sampai dapet kode billing, setelah itu baru bisa Bapak bayar ke ATM atau M-banking. Biaya buat paspor biasa dengan layanan reguler (maksimal 4 hari kerja) itu 350 ribu, Pak. Kalau paspor elektronik yang pake chip itu 650 ribu. Kalau Bapak pengen express (1 hari kerja) biaya paspor tadi ditambah 1 juta, Pak.

Datang ke kantor imigrasi

kantor-imigrasi-buat-paspor

Tapi sebelumnya, Bapak harus print surat pengantar menuju KANIM dulu, sama print juga bukti pendaftaran dan pembayaran (screenshot boleh biasanya). Nanti, di sana Bapak nyerahin berkas-berkas sama wawancara singkat. Pake bajunya yang rapi ya Pak, soalnya nanti di foto juga muka Bapak. Kalau udah selesai, Bapak tinggal pulang terus nunggu sampai paspornya bisa Bapak ambil. Beres dah.

Gak usah heran ya Pak, udah bisa online tapi tetep harus dateng ke kantornya. Ribet dikit gak napa ya Pak, kan abis ini mau liburan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
40

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait