Cara Terbaik Mengolah Makanan Kaya Protein

Bacaan 2 menit

Protein merupakan salah satu zat gizi yang kita butuhkan dalam sehari-hari. Protein merupakan makronutrien yang sangat membantu dalam fungsi fisiologikal tubuh manusia dan pengembangan tubuh. Beberapa fungsi protein di antaranya adalah membentuk enzim, memproduksi hormon, sumber tenaga dan lainnya. Protein dapat didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti Telur, Daging Ayam, Ikan dan Tumbuh-tumbuhan. Tapi bapak tau gak sih, dengan cara mengolah yang tepat, bapak bisa memaksimalkan protein yang bapak dapat dari makanan tersebut. Nih pak, biar saya kasih tau cara cara ngolahnya.

Daging Ayam

Untuk daging ayam cara terbaiknya adalah dengan cara Broiling. Broiling itu diapain pak?
Nah jadi, Broiling itu cara memasaknya menggunakan suhu tinggi yang berkisar dari 260 derajat celcius sampai 275 derajat celcius. Biasanya mengolahnya menggunakan Broiler. Broiling ini merupakan cara memasak yang cepat dan sehat karena mempertahankan nutrisi yang mana di dalamnya termasuk protein dalam daging ayam.

Telur

Untuk telur pastinya kita semua sudah tau kalo cara terbaik mengolahnya adalah dengan cara direbus. Dengan merebus telur protein yang terkandung dalam telur tetap utuh tanpa adanya tambahan lemak (fats). Sebenernya orak-arik (scrambled) juga merupakan salah satu opsi mengolah agar telur lebih terasa enak dan kaya akan protein, tapi perlu dicatat sebaiknya scrambling ini tanpa menggunakan minyak atau butter sama sekali.

Ikan

Untuk ikan cara mengolahnya adalah grilling (dipanggang/dibakar). Teknik grilling ini menggunakan sumber panas yang terbuka, yang sering kita temui biasanya menggunakan bara api. Satu penyajian (servings) 100 gram ikan yang di-grill memberikan sekitar 18-20 gram protein, atau sekitar sepertiga dari rata-rata asupan protein harian yang direkomendasikan. Protein yang terkandung dalam ikan berkualitas tinggi, mengandung banyak asam amino esensial, dan sangat mudah dikonsumsi untuk kalangan semua umur.

Tahu dan Tempe

Sama seperti ikan, satu penyajian tempe 100 gram mengandung sekitar 18-20 gram protein, sedangkan tahu dalam penyajian yang sama mengandung sekitar 8-10 gram. Tempe juga merupakan sumber serat yang baik, dengan kandungan sekitar 9 gram per 100 gram penyajian. Tahu, sebaliknya, mengandung lebih sedikit serat, sekitar 1 gram per 100 gram penyajian. Cara terbaik untuk mengolah kedua makanan nabati ini adalah dengan cara direbus. Merebus tempe dan tahu selama 10-15 menit, akan menjaga protein yang terkandung dalam makanan tersebut. 

Meskipun metode memasak beberapa makanan di atas dapat memengaruhi nilai proteinnya, penting juga untuk menjaga pola makan yang seimbang dan bervariasi untuk memastikan bapak mendapatkan beragam nutrisi dari makanan lain. Semoga bermanfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
39

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait