Cara yang Bisa Adik Pakai Untuk Mengetahui Bakat dan Kelebihan Adik

26 Oct 2022

Tulisan ini khusus buat Adik-adik yang masih bingung sama bakat dan kelebihan yang dipunya. Yang masih luntang lantung mikir, "Kok saya gak punya bakat ya?" atau "Sebenernya kelebihan saya apa sih?"

Juga buat Adik-adik yang sebentar lagi lulus, tapi masih bingung mau masuk kerja di bidang apa. Soalnya kuliah udah 4 tahun lebih tapi kok rasanya salah jurusan. Atau buat Adik-adik yang udah lamar sana sini, tapi masih juga gak ada yang beneran sreg di hati.

Jangan-jangan, Adik bukannya ga punya bakat atau kelebihan. Tapi masih denial aja sama bakat dan kelebihan yang Adik punya. Biar lebih gampang, coba cek 3 hal ini:

 

1. Hal yang orang lain sering minta tolong ke adik

Coba inget-inget lagi, hal apa yang sering banget orang minta tolong ke Adik? Mungkin Adik pernah diminta bikinin desain, bikinin tulisan, diminta ngurusin dekorasi, nyanyi, jadi MC, nemenin tamu, atau apaaa gitu. Coba deh inget-inget lagi.

Biasanya, orang tuh minta tolong karena tahu dan percaya Adik bisa. Cuma mungkin, Adik ngerasa itu hal yang semua orang juga bisa. Atau sebenernya Adik ga terlalu suka-suka amat sama hal tersebut. Entah gak suka sama kegiatannya, atau gak suka karena ga ada cuannya. Hiks.

Yang pasti, kalau orang sering minta tolong hal yang kayanya "itu-itu lagi" ke Adik, bisa jadi itu emang bakat Adik. Cuma Adik belum sadar aja.

 

2. Hal yang adik paling enjoy ngerjainnya

Adik pasti punya beberapa kegiatan yang enjoy bener kalo lagi ngelakuin. Bahkan kadang suka ga sadar waktu. Misalnya ngoprek motor sampe seharian. Atau Adik demen banget ngitungin cashflow keluarga, cashflow organisasi, dan semacamnya. Atau Adik seneng banget bikin-bikin video. Dari script sampe ngeditnya.

Rasanya kaya ada kepuasan tersendiri aja gitu kalo udah ngelakuin itu sampe selesai. Saking enjoy-nya, kadang orang tua atau temen Adik suka gregetan. Soalnya Adik susaaaahhh bener disuru makan, apalagi disuruh mandi. Aduuuuuu

3. Hal yang paling gampang adik pelajari dan cepat paham

Kalau Adik orangnya humble banget, mungkin Adik ga sadar kalo ga semua orang bisa paham atau menguasai suatu hal secepat itu. Misalnya, Adik merasa gampang banget buat belajar alat musik. Diajarin sebentar, langsung paham. Apalagi kalau bisa sampai improve. Bisa jadi, emang bakat Adik di bidang musik.

Atau Adik punya kemampuan buat nego harga yang ciamik bener. Buat Adik mungkin itu hal biasa. Tapi gak semua orang bisa nego harga sepinter itu. Bisa jadi, bakat dan kelebihan Adik memang di sana.

 

Setelah tahu apa yang jadi bakat dan kelebihan, ga serta merta Adik jadi langsung expert banget. Tapi setidaknya, hal tersebut bisa jadi acuan buat milih kerjaan yang cocok. Sisanya, bisa Adik asah lagi di dunia profesional.

quote

Paling ciamik emang kalau bisa kerja sesuai bakat. Jadinya, Adik ga belajar dari nol banget.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
26 Oct 2022
Dilihat :
63

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait