Daerah-Daerah di Indonesia yang Punya Kualitas Biji Kopi Paling Mantep

Bacaan 3 menit

Buat saya, ngopi jadi salah satu hal yang wajib ada untuk menjalani hari. Menurut saya, segelas kopi bisa ngebantu buat ningkatin konsentrasi bahkan bisa nambah semangat kerja. 

Buat para pencinta kopi, penting banget rasanya buat nyobain berbagai biji kopi yang berkualitas. Apalagi Indonesia punya daerah yang terkenal dengan biji kopi dengan kualitas terbaik. Berdasarkan pengamatan saya, ada beberapa daerah yang emang punya kualitas biji kopi paling mantep di Indonesia.

Aceh
Salah satu kota istimewa dan punya kualitas biji kopi yang mendunia lho. Aceh emang udah lama terkenal dalam menghasilkan biji kopi berkualitas gak cuma buat pasar Indonesia aja. Ditambah lagi tradisi minum kopi masyarakat Aceh yang cukup kuat banget.

Gayo jadi salah satu daerah di Aceh yang sering disebut sebagai surganya kopi. Kopi Gayo jadi salah satu kopi Arabica paling terkenal dan jadi no.1 dunia karena perpaduan cita rasa, aroma yang unik, dan kekentalan yang ringan. Kopi Gayo juga punya berbagai macam rasa dan proses yang punya ciri khasnya masing-masing. Selain itu, Gayo juga menghasilkan kopi dengan beragam jenis mulai dari natural, robusta, honey yang bisa disesuain sama selera bapak pas ngopi.

Flores
Selain Aceh, daerah Flores juga jadi salah satu penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik di Indonesia. Flores punya dua iklim, tropis Indonesia dan subtropis Australia bikin daerah ini punya biji kopi dengan karakter masing-masing.

Bajawa dan Manggarai jadi salah dua daerah di Flores yang punya biji kopi mantep. Kopi Bajawa jadi kopi arabica yang punya karakter tingkat keasaman yang seimbang, rasa yang lumayan manis kaya karamel, coklat, dan hazelnut sama aroma bunga. Sedangkan kopi Manggarai jadi salah satu andalan selain Bajawa. Kedua jenis, arabika dan robusta memiliki karakter dan cita rasanya masing-masing. Selain rasanya yang unik, taneman kopi ini juga tumbuh di depan pekarangan warga di sana yang jadi sumber utama tanemannya loh, pak.

Toraja
Toraja jadi salah satu daerah yang punya biji kopi yang jadi andelan buat penikmat kopi. Selain Aceh dan Flores, Toraja ini juga udah diakuin kualitas biji kopinya. Didukung daerah pegunungan di atas 1700 mdpl ini ngebuat kopi dari Toraja punya nutrisi yang baik buat kopi arabika.

Toraja Sapan dan Toraja Yale jadi dua daerah yang punya citarasa biji kopi yang kuat. Toraja Sapan punya karakter rasa yang kuat seperti dark chocolate, seet, black tea dan herb, sedangkan Toraja Yale juga gak kalah kuat nih pak soal rasanya. Karakter rasa yang dihasilin lewat proses sangrai medium bikin rasa rasa herbal, orange, dan tamarind-nya khas banget.

Bali
Pulau Dewata Bali ternyata gak cuma punya keindahan pantai dan kebudayaannya doang nih pak. Kualitas biji kopinya juga mantep banget. Bali Kintamani dan Ulian jadi salah dua yang udah terkenal banget dari Bali. Kualitas kopi Arabika dan Robustanya Bali ini gak kalah dari daerah lainnya pak.

Bali Kintamani ada di daerah vulkanik yang tanahnya subur banget karena ada di daerah Gunung Batur. Kondisi alam ini bikin biji kopinya ditanam deket sama pohon buah-buahan yang bikin rasanya unik, asem, dan seger pak.

Nah, kalo biji kopi ulian ini juga asalnya dari Kintamani juga. Ulian diambil dari nama salah satu desanya. Kalo bapak perhatiin nih, kopi ulian punya rasa yang asem seger persis kaya jeruk dan gak ninggalin aftertaste di mulut. Aroma yang dihasilin juga enak dan manis. Cocok deh buat bapak yang gak suka kopi pait.

Kalo udah bahas perkopian, saya ada rasa bangga karna sebenernya gak cuma 4 daerah ini aja yang ngehasilin kopi terbaik yang dipunya Indonesia dan mendunia nih pak. Saya jadi penasaran pak, kalo kopi favorit bapak tu dari daerah mana? Spill bisa kali pak~

Ditulis oleh:
Nasuha
Bacaan 3 menit
Dilihat :
266

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait