Daftar Produk Yang Kata Beberapa Dokter Anak Jangan Dipake Lagi

19 Sep 2022

Pas saya jadi orang tua, saya jadi ngerti kalo pro kontranya orang tua tuh banyak banget. Katanya gak boleh ini lah gak boleh gitu lah. Kan saya jadi bingung yak. Jadi saya banyak cari-cari di google yang bener gimana sama sekalian nanya ke dokter anak. Maksudnya biar lebih jelas gitu alasannya, jadi gak sekedar katanya ini katanya itu. 

Siapa tau ada yang baru punya anak, bisa buat bahan pertimbangan. Produk2 untuk bayi ini gak disaranin sama beberapa dokter anak, karena khawatir ada dampak buruknya buat si dede.

1. Baby Walker

Kayaknya hampir semua anak pas jaman bapak kecil tuh pake beginian ya pak. Lucu gitu bisa jalan sampe lari kesana kemari. Mana bisa bunyi dan banyak mainannya juga. Tapi ternyata sekarang baby walker gini udah gak disaranin sama dokter anak, pak. Alasannya sih sederhana ya. Keamanannya kagak terjamin. Soalnya itu baby walker kan rodanya cepet banget. Anak bisa sat set sat set kesana kemari. Yang dikhawatirin ntar mereka nabrak terus ketimpa sesuatu atau malah sampe jatoh dari tangga atau undakan. Kasian kan anaknya pak. Soalnya kejadian gitu tuh bener-bener sekelibat doang pak. Bapak meleng dikit aja bisa gawat.

2. Bedak Bayi

Waktu ada yang lahiran biasanya kado nomer 1 tuh bedak bayi. Jadi numpuk banget bedak bayi di rumah. Padahal bedak bayi yang bentuknya bubuk itu udah gak disaranin sama dokter anak soalnya mengandung talc (talcum). Jadi talc ini kandungan yang efeknya bisa bahaya buat bayi. Beberapa efeknya jadi bersin, batuk, sampe yang paling parah adalah sesek napas. Terus ternyata ada juga kasus keracunan talc di bayi. Yang lagi rame sih salah satu brand yang bedaknya ditarik dari pasar soalnya talc nya ada kandungan asbestos yang bisa bikin kanker. Kayak gitu kan bahaya ya pak dipakein ke anak. Apalagi kalo makenya banyak banget sampe kaya Hanoman. Makanya dokter anak pada nyaranin, si dede gak usah pake bedak. Atau kalau mau pake bedak, sekarang ada tuh bedak yang bentuknya cair.

3. Trampolin

Belum lama keluar himbauannya nih, pak. Ternyata kasus permasalahan tulang di anak umur di bawah 6 tahun gegara trampolin ini cukup banyak juga. Makanya dokter anak gak nyaranin aktivitas trampolin yang berlebihan buat anak di bawah 6 tahun. Soalnya tulang anak umur segitu tuh belum cukup kuat buat menahan beban pas lompat berkali-kali. Terutama buat anak yang baru bisa jalan dan lari ya pak. Biar keliatannya seru banget, lulumpatan pake trapolin, tapi sabar dikit deh ya, tunggu kuat dulu tulang si dede.

4. Stroller Sepeda

Stroller kecil yang mirip sepeda gitu ternyata nggak semuanya aman, pak. Kalo yang merk nya jelas dan keamanannya terjamin, itu pasti aman ya pak. Tapi kagak semua stroller sepeda gini ada sabuk pengaman dan kuncian kuat. Kayaknya udah 3 kali saya nemuin kasus stroller sepeda yang kunciannya kagak kuat dan bikin anaknya ngejungkel ke depan. Alhasil ya anaknya jatuh kepala duluan. Yang kayak gini bahaya banget pak. Apalagi banyak banget yang jual murah-murah tapi kalo diperhatiin keamanannya gak maksimal. Kalo bapak tetep mau beli stroller sepeda, bapak mending beli merk jelas dan keamanan jelas juga. Mahal dikit kagak apa pak, demi anak sehat sentosa.

Barang-barang di atas itu barang yang tidak disarankan sama dokter anak, ya pak. Alasannya pun juga udah cukup jelas buat keamanan anak. Jujur deh saya tuh bersyukur banget sama dokter anak saya. Soalnya orangnya baik banget mau ngejelasin beginian dengan tenang tanpa nge gas. Jadi saya yang gak ngeh ini bisa paham dengan hati legowo juga.

Ditulis oleh:
Girly
19 Sep 2022
Dilihat :
31

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait